PENGEMBANGAN SCIENCE COMIC BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TEMA BUNYI DAN PENDENGARAN UNTUK SISWA SMP


Fita Fatimah , 4001410001 (2014) PENGEMBANGAN SCIENCE COMIC BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TEMA BUNYI DAN PENDENGARAN UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SCIENCE COMIC BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TEMA BUNYI DAN PENDENGARAN UNTUK SISWA SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN SCIENCE COMIC BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TEMA BUNYI DAN PENDENGARAN UNTUK SISWA SMP) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Science comic merupakan media pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan IPA secara sederhana dan mudah. Namun, media science comic dalam pembelajaran IPA di SMP masih jarang digunakan. Pengembangan science comic sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi IPA secara mudah dengan tampilan yang menghibur. Selain itu, penelitian ini mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 dengan mengembangkan media science comic berbasis PBL pada tema bunyi dan pendengaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan keefektifan media science comic berbasis PBL pada tema bunyi dan pendengaran. Jenis penelitian ini merupakan R and D (Research and Development) yang diadaptasi dari Sugiyono (2008). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP N 1 Welahan. Kelayakan media science comic diuji melalui penilaian pakar media, materi, dan bahasa. Hasil penilaian pakar terhadap science comic berbasis PBL memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase penilaian pakar media sebesar 95,83%, pakar materi sebesar 95,37%, dan pakar bahasa sebesar 99,07%. Keefektifan media science comic berbasis PBL dianalisis dari hasil Pretest dan Posttest dengan menggunakan uji N-gain dan t test. Hasil belajar siswa meningkat dengan kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,62. Selain itu, kemampuan berpikir siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan berdasarkan perhitungan t test dengan nilai thitung> ttabel (22,4>1,68). Dengan demikian, media science comic memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang layak dan media science comic juga efektif meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Science comic, PBL, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2016 10:36
Last Modified: 22 Jan 2016 10:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23058

Actions (login required)

View Item View Item