PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WINONG KABUPATEN PATI TAHUN 2015/2016
Probo Sri Sadhono , 3201411070 (2016) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WINONG KABUPATEN PATI TAHUN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WINONG KABUPATEN PATI TAHUN 2015/2016)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keluarga merupakan lembaga sosial pertama yang dikenal oleh anak dan dalam keluarga ini dapat ditanamkan sikap-sikap yang dapat mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Keluarga bertanggung jawab menyediakan dana untuk kebutuhan pendidikan anak. Keluarga (orang tua) yang keadaan sosial ekonominya tinggi tidak akan banyak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak, berbeda dengan orang tua yang keadaan sosial ekonominya rendah. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Winong Kabupaten Pati Tahun 2015/2016. (2) Mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Winong Kabupaten Pati tahun pelajaran 2015/2016. (3) Mengetahui adanya pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua siswa terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Winong Kabupaten Pati tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Winong tahun pelajaran 2015/2016 beserta orang tuanya yang terdiri dari dari 9 kelas dengan jumlah 284 siswa dan 284 orang tua siswa atau wali. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 62 siswa dan 62 orang tua atau wali siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Proportional Random Sampling, yaitu diambil 20% untuk masing-masing kelas. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas (kondisi sosial ekonomi orang tua) dan satu variabel terikat (hasil belajar IPS). Metode pengambilan data digunakan metode angket dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) keadaan kondisi sosial ekonomi 76% responden memiliki kondisi sosial ekonomi orang tua yang tergolong tinggi (baik).(2) Hasil belajar IPS sudah cukup baik dan harus ditingkatkan. (3) Pengaruh antara kondisi sosial ekonomi orang tua siswa SMP N 1 Winong terhadap hasil belajar IPS sebesar sebesar 6,647 signifikansi 0.000>2,00. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 1 Winong “diterima”. Saran yang dapat diberikan yaitu karena adanya hubungan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar anaknya, maka bagi orang tua yang kondisi sosial ekonominya rendah atau kurang mampu diharapkan dapat meningkatkan pendapatannya dengan mencari pekerjaan tambahan. Bagi siswa yang berprestasi dan orang tuanya kurang mampu diharapkan sekolah dapat memberikan beasiswa atau program orang tua asuh atau orang tua angkat yang bersedia membantu memenuhi biaya pendidikannya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Kondisi Sosial Ekonomi, Prestasi Belajar Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 10:17 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 10:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23054 |
Actions (login required)
View Item |