PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI TEKNIK MELANJUTKAN CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TAYANGAN KEHIDUPAN SOSIAL ORANG-ORANG PINGGIRAN SISWA KELAS X-6 SMA N 1 JAKENAN


Riana Dewi , 2101411051 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI TEKNIK MELANJUTKAN CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TAYANGAN KEHIDUPAN SOSIAL ORANG-ORANG PINGGIRAN SISWA KELAS X-6 SMA N 1 JAKENAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI TEKNIK MELANJUTKAN CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TAYANGAN KEHIDUPAN SOSIAL ORANG-ORANG PINGGIRAN SISWA KELAS X-6  SMA N 1 JAKENAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI TEKNIK MELANJUTKAN CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TAYANGAN KEHIDUPAN SOSIAL ORANG-ORANG PINGGIRAN SISWA KELAS X-6 SMA N 1 JAKENAN) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan tes awal, diketahui bahwa keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Jakenan masih rendah. Terbukti masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam menggali ide sebagai inspirasi dalam menuliskan cerpen serta kurang bervariasinya teknik yang digunakan dalam pembelajaran, pemanfaatan media yang kurang maksimal, dan siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen. Salah satu cara yang dilakukan peneliti untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu menggunakan teknik melanjutkan cerita dan media tayangan kehidupan sosial orang-orang pinggiran dalam pembelajaran menulis cerpen. Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis cerpen melalui teknik melanjutkan cerita dengan menggunakan media tayangan kehidupan sosial orang-orang pinggiran pada siswa kelas X -6 SMA Negeri 1 Jakenan, (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui teknik melanjutkan cerita dengan menggunakan media tayangan kehidupan sosial orang-orang pinggiran pada siswa kelas X -6 SMA Negeri 1 Jakenan, (3) Bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X -6 SMA Negeri 1 Jakenan setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui teknik melanjutkan cerita dengan menggunakan media tayangan kehidupan sosial orang-orang pinggiran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis cerpen melalui teknik melanjutkan cerita dengan menggunakan media tayangan kehidupan sosial orang-orang pinggiran pada siswa kelas X -6 SMA Negeri 1 Jakenan,(2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui teknik melanjutkan cerita dengan menggunakan media tayangan kehidupan sosial orang-orang pinggiran pada siswa kelas X -6 SMA Negeri 1 Jakenan,(3) Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui teknik melanjutkan cerita dengan menggunakan media tayangan kehidupan sosial orang-orang pinggiran pada siswa kelas X -6 SMA Negeri 1 Jakenan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat pada guru, siswa, dan peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refeksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis cerpen pada kelas X-6 SMA Negeri 1 Jakenan. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu variabel keterampilan menulis cerpen, teknik melanjutkan cerita, dan media tayangan kehidupan sosial orang-orang pinggiran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis cerpen siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal (siswa dan guru), wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis cerpen dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui teknik melanjutkan cerita dengan menggunakan media tayangan kehidupan sosial orang-orang pinggiran. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 71,88 atau dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,51 atau dalam kategori baik. Dari pencapaian nilai dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan sebesar 11,63. Peningkatan keterampilan menulis cerpen ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Perubahan ini dibuktikan pada siklus II siswa menjadi lebih antusias dan aktif ketika mengikuti pembelajaran. Penulis menyarankan kepada guru Bahasa dan Sastra Indonesia, pembelajaran menulis cerpen melalui teknik melanjutkan cerita dengan menggunakan media tayangan kehidupan sosial orang-orang pinggiran dapat dijadikan alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen karena telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen dan mengubah perilaku positif siswa dalam mengikuti pembelajaran dan selalu berlatih menulis, terutama dalam menulis cerpen. Bagi peneliti lain, berharap adanya penelitian lanjutan dengan teknik, metode, dan media yang berbeda sehingga dapat memperkaya alternatif pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam menulis cerpen. Dengan penelitian yang semakin banyak, akan memberikan manfaat yang besar terhadap perkembangan pembelajran menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis cerita pendek, teknik melanjutkan cerita media tayangan kehidupan sosial orang-orang pinggiran
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2016 10:13
Last Modified: 22 Jan 2016 10:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23053

Actions (login required)

View Item View Item