PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERPEN DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN TEKNIK MENERUSKAN CERITA MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 WONOSOBO


Estu Winantu Untoroaji , 2101410144 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERPEN DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN TEKNIK MENERUSKAN CERITA MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERPEN  DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN TEKNIK MENERUSKAN CERITA MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL  PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 WONOSOBO]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERPEN DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN TEKNIK MENERUSKAN CERITA MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 WONOSOBO) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyusun teks cerpen siswa kelas VII A SMP N 1 Wonosobo masih belum optimal. Masalah yang muncul pada pembelajaran tersebut diidentifikasi dari proses pembelajaran, sikap religius, sikap sosial, dan keterampilan dalam pembelajaran. Masalah yang dapat diidentifikasi berdasarkan observasi awal terkait keterampilan siswa, yaitu siswa kesulitan dalam mengembangkan ide untuk menyusun teks cerpen. Oleh karena itu, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan strategi TTW dan teknik meneruskan cerita melalui media audiovisual. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kualitas proses pembelajaran keterampilan menyusun teks cerita pendek dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan teknik meneruskan cerita melalui media audiovisual siswa kelas VII A SMP N 1 Wonosobo? (2) Bagaimanakah perubahan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan sebagai sarana komunikasi dalam mengolah dan menyajikan informasi lisan dan tulis siswa kelas VII A SMP N 1 Wonosobo dalam mengikuti pembelajaran peningkatan keterampilan menyusun teks cerita pendek dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan teknik meneruskan cerita melalui media audiovisual? (3) Bagaimana perubahan sikap jujur, disiplin, santun, toleransi, dan percaya diri siswa kelas VII A SMP N 1 Wonosobo setelah mengikuti pembelajaran peningkatan keterampilan menyusun teks cerita pendek dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan teknik meneruskan cerita melalui media audiovisual? (4) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menyusun teks cerpen dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan teknik meneruskan cerita melalui media audiovisual siswa kelas VII A SMP N 1 Wonosobo setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks cerpen? Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu keterampilan menyusun teks cerita pendek siswa kelas VII A SMP N 1 Wonosobo. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Tes dilakukan dalam bentuk tes tertulis untuk keterampilan siswa. Nontes diterapkan melalui observasi, jurnal guru, jurnal siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Proses pembelajaran menyusun teks cerita pendek dengan strategi TTW dan teknik meneruskan cerita melalui media audiovisual berjalan dengan baik dan lancar. Terjadi peningkatan pada keantusiasan dan minat siswa; kekondusifan diskusi kelompok mengidentifikasi struktur teks cerita pendek; keintensifan diskusi kelompok setelah menyimak tayangan video; keintesifan pelaksanaan kegiatan menyusun teks cerita pendek; dan keintesifan pelaksanaan kegiatan menyusun teks cerita pendek. Rata-rata skor proses pembelajaran siklus I sebesar 78,89 % dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,24 % sehingga peningkatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar 7,35 %. Siswa telah bersikap religius yang berkategori baik selama mengikuti pembelajaran menyusun teks cerpen. Hal ini menunjukkan bahwa sikap religius sudah tertanam dalam diri siswa, pembiasaan diri dengan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, berdo’a dengan sikap yang baik (tidak membuat gerakan yang tidak perlu atau mengeluarkan suara yang membuat gaduh), memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat atau presentasi, menjawab salam guru atau teman yang mengucapkan salam. Sikap sosial siswa mengalami peningkatan ke arah positif, siswa sudah menunjukkan sikap sosial yang baik. Hal tersebut diidentifikasi dari indikator sikap percaya diri, toleransi, gotong royong, dan santun. Tiap sikap sosial mengalami peningkatan yang cukup baik. Rata-rata hasil tes keterampilan menyusun teks cerpen pada siklus I sebesar 2,63 termasuk dalam kategori baik, namun masih terdapat beberapa siswa yang belum mencapai ketuntasan penelitian yang telah ditentukan. Perbaikan yang dilakukan pada siklus II membuat rata-rata hasil tes keterampilan menyusun teks cerpen mengalami peningkatan. Rata-rata hasil tes keterampilan menyusun teks cerpen pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,46 dari nilai rata-rata 2,63 pada siklus I menjadi 3,02 pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru sebaiknya memanfaatkan strategi TTW dan teknik meneruskan cerita sebagai alternatif dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek. Media audiovisual sebagai salah satu media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dapat digunakan guru untuk sarana mengajar. Peneliti di bidang pedidikan maupun bahasa dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran menyusun teks cerpen menggunakan pendekatan, strategi, metode, model, teknik, dan media yang lebih inovatif dan efektif untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks cerpen siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyusun teks cerita pendek, strategi Think-Talk-Write (TTW), teknik meneruskan cerita, media audiovisual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2016 10:08
Last Modified: 22 Jan 2016 10:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23052

Actions (login required)

View Item View Item