HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA PADA MAHASISWA MAHASISWI KULIAH KERJA NYATA ALTERNATIF TAHAP II UNNES 2015


Siti Zulaikhah , 1511411031 (2015) HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA PADA MAHASISWA MAHASISWI KULIAH KERJA NYATA ALTERNATIF TAHAP II UNNES 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA PADA MAHASISWA MAHASISWI  KULIAH KERJA NYATA ALTERNATIF TAHAP II UNNES 2015 ]
Preview
PDF (HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA PADA MAHASISWA MAHASISWI KULIAH KERJA NYATA ALTERNATIF TAHAP II UNNES 2015 )
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa yang termasuk dalam kategori remaja akhir, rentan terhadap perubahan emosi dan perubahan sosial. Mahasiswa mempunyai tugas dan kewajiban dalam menempuh pendidikan. Salah satu tugas mahasiswa adalah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh. Pada saat melaksanakan KKN mahasiswa dituntut dapat bekerjasama dalam kelompoknya. Namun saat bekerjasama mahasiswa juga harus bisa mengontrol emosinya. Agar mahasiswa mampu bekerjasama dengan anggota kelompoknya sehingga tujuan dari kuliah kerja nyata tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dan kemampuan bekerjasama pada mahasiswa KKN Alternatif Tahap II Gelombang A UNNES tahun 2015 di Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa KKN Alternatif Tahap II Gelombang A di Kabupaten Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling atau studi populasi. Pengambilan data penelitian dilakukan menggunakan 2 skala yaitu, skala kematangan emosi (42 aitem) mempunyai koefisien validitas antara 0,318 sampai 0,665 dengan taraf signifikansi 1 % dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,856. Skala yang kedua adalah skala kemampuan bekerjasama (37 aitem) memiliki koefisien validitas antara 0,316 sampai 0,666 dengan signifikansi 1 % dan reliabilitasnya sebesar 0,878. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara kematangan emosi dan kemampuan bekerjasama pada mahasiswa mahasiswi KKN Alternatif UNNES tahun 2015 di Kabupaten Semarang (nilai r = 0,678 dengan p < 0,000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kematangan emosi berkorelasi dengan kemampuan bekerjasama pada mahasiswa KKN Alternatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kematangan Emosi, Kemampuan Bekerjasama
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 10:07
Last Modified: 22 Jan 2016 10:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23049

Actions (login required)

View Item View Item