ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI PADA MATA PELAJARAN FISIKA


Andika Wahyu Adi Saputra , 4201411070 (2015) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI  PADA MATA PELAJARAN FISIKA]
Preview
PDF (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI PADA MATA PELAJARAN FISIKA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana keterampilan proses sains siswa SMA di Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali dan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap KPS siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif lebih lengkapnya deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data dilakukan dengan tes, wawancara dan observasi. Berdasarkan tes keterampilan proses sains siswa yang meliputi: kemampuan mengamati, mengukur, menyusun hipotesis, merencanakan percobaan, menganalisi data dan menyimpulkan, dapat disimpulkan secara umum keterampilan proses sains di SMA Negeri 1 Andong yang mewakili sekolah negeri sudah berada pada kategori baik sedangkan SMA Muhammadiyah 4 Andong yang mewakili sekolah swasta masih berada pada kategori cukup. Keterampilan proses sains siswa menunjukan hasil yang bervariasi bergantung kelompok sekolah dan kelas. Sedangkan dari hasil wawancara dengan siswa diketahui bahwa faktor dominan yang memengaruhi keterampilan proses sains siswa adalah metode mengajar guru, pembiasaan melakukan percobaan dan sarpras dimana 8 dari 8 responden berpendapat demikian (100 %) sedangkan factor lain adalah motivasi dan rasa ingin tahu siswa dimana 2 dari 8 responden berpendapat demikian (25 %). Untuk memperoleh hasil yang lebih baik perlu dilakukan wawancara lebih mendalam mengapa terjadi perbedaan keterampilan proses sains antara siswa SMA negeri dan SMA Swasta dan mengapa pada sebagian keterampilan proses sains, siswa kelas X memiliki skor lebih tinggi dari kelas XI. Untuk mendapat hasil yang lebih valid mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keterampilan proses sains siswa SMA di Kecamatan Andong memerlukan jumlah responden yang lebih banyak

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecamatan Andong , keterampilan proses sains, pendekatan saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 Jan 2016 13:36
Last Modified: 21 Jan 2016 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23047

Actions (login required)

View Item View Item