PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA MIKROSKOP UNTUK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)


Nurul Huda , 4001409087 (2014) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA MIKROSKOP UNTUK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN  IPA TERPADU TEMA MIKROSKOP UNTUK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA MIKROSKOP UNTUK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)) - Published Version
Download (58MB) | Preview

Abstract

Video pembelajaran merupakan media yang menyajikan audio dan visual berisi pesan–pesan pembelajaran seperti konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman suatu materi pembelajaran. Teori–teori penelitian tentang video pembelajaran menunjukkan adanya pengaruh yang positif padasiswa. Observasi awal yang dilakukan di asy–Syarifiyah menunjukkan bahwa guru telah menggunakan video pembelajaran namun masih dijumpai kelemahan dan belum ada pengembangan video pembelajaran yang lebih sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan video pembelajaran IPA terpadu tema mikroskop untuk siswa MTs (2) mengidentifikasi pengaruh penggunaan video pembelajaran IPA terpadu tema mikroskop pada pemahaman siswa MTs tentang tema mikroskop (3) mengidentifikasi pengaruh penggunaan video pembelajaran IPA terpadu tema mikroskop pada keterampilan siswa menggunakan mikroskop. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Research and Development (RnD) meliputi tahapan 1) identifikasi masalah 2) pengumpulan data 3) pendesainan produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) ujicoba produk 7) revisi produk 8) ujicoba pemakaian 9) revisi produk 10) produksi masal. Subyek ujicoba produk dan uji pemakaian menggunakan siswa kelas VII MTs asy–Syarifiyah. Hasil penelitian ini meliputi 1) hasil pengembangan video dinilai oleh ahli sangat layak 2) video pembelajaran yang dikembangkan berpengaruh signifikan pada hasil belajar 3) berpengaruh signifikan pada keterampilan siswa menggunakan mikroskop. Secaraumum dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran IPA terpadu tema mikroskop yang telah dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas VII MTs asy–Syarifiyah Sarirejo Guntur Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, tema mikroskop, untuk siswa MTs
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 Jan 2016 11:37
Last Modified: 21 Jan 2016 11:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23043

Actions (login required)

View Item View Item