PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA LINTAS MINAT DI SMA NEGERI 3 PEKALONGAN
Devi Suci Larasati , 4201410077 (2014) PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA LINTAS MINAT DI SMA NEGERI 3 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA LINTAS MINAT DI SMA NEGERI 3 PEKALONGAN)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan media simulasi dimaksudkan dapat membantu siswa untuk memahami ketidakjelasan dan kerumitan materi yang sedang dipelajari, serta dapat membantu guru menyampaikan hal-hal yang belum tersampaikan sehingga dapat berperan sebagai bahan ajar mandiri bagi siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin membuktikan secara empirik bahwa penggunaan media simulasi berbasik teknologi informasi dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa lintas minat fisika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sosial 1-3 SMA Negeri 3 Pekalongan. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling.Pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, observasi dan tes.Sebelum penelitian, dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui kevalidan, reliabel, tingkat kesukaran, dan daya pembeda instrumen. Analisis data menggunakan uji gain, uji-t signifikansi dan uji-t separated varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara kelas ekperimen maupun kelas kontrol. Hasil uji peningkatan rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 30% sedangkan kelas kontrol sebesar 0,4%. Hasil peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan 33,5% sedangkan kelas kontrol 1,9%. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata hasil belajar, untuk rata-rata hasil belajar kognitif diperoleh sedangkan untuk hasil belajar afektif diperoleh . Kedua hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% dengan . Hasil uji-t separated varians untuk pengujian hipotesis I diperoleh sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,00 sehingga . Hasil uji-t separated varians untuk pengujian hipotesis II diperoleh sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,045 sehingga . Kesimpulan yang diambil menunjukkan bahwa penggunaan media simulasi berbasis teknologi informasi dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika dan keaktifan belajar siswa lintas minat fisika di SMA Negeri 3 Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Simulasi, Fluida Statik, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 21 Jan 2016 11:30 |
Last Modified: | 21 Jan 2016 11:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23042 |
Actions (login required)
View Item |