ANALISIS KONSEPSI DAN PERUBAHAN KONSEPTUAL POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR FISIKA SMP
Danastri Shahnaz Putri , 4201410072 (2014) ANALISIS KONSEPSI DAN PERUBAHAN KONSEPTUAL POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR FISIKA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ( ANALISIS KONSEPSI DAN PERUBAHAN KONSEPTUAL POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR FISIKA SMP)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dalam mempelajari fisika dibutuhkan pemahaman konsep yang matang. Salah satu materi fisika yang menuntut siswa untuk memahami konsep beserta aplikasinya adalah suhu dan kalor. Berdasarkan berbagai proses pembelajaran yang diterima siswa baik di sekolah ataupun berdasarkan pengalamannya akan terbentuk suatu konsepsi. Konsepsi yang dimiliki siswa dikategorikan ke dalam konsepsi ilmiah, konsepsi alternatif, dan konsepsi paralel. Adakalanya siswa mengubah konsepsinya dengan alasan tertentu, jika siswa mengalami hal ini maka dapat dikatakan siswa mengalami perubahan konseptual. Untuk mengetahui bentuk konsepsi yang dimiliki siswa dan seperti apa perubahan konseptual yang terjadi pada siswa SMP, maka dilakukan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsepsi dan perubahan konseptual siswa SMP pada pokok bahasan suhu kalor. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Pati tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive, dengan alasan kelas VII unggulan dan reguler yang sedang berada pada kondisi puncak karena baru saja menerima materi dan kelas VIII unggulan yang berada pada kondisi terdegradasi kemampuan berpikir karena pengaruh waktu. Siswa diberikan tes tertulis untuk memunculkan konsepsinya. Kemudian diberikan tes wawancara untuk mengetahui perubahan konseptual yang terjadi pada siswa. Bentuk konsepsi yang muncul pada siswa kelas VII unggulan adalah konsepsi ilmiah, sedangkan kelas VII reguler dan VIII unggulan lebih banyak konsepsi alternatif. Perubahan konseptual yang terjadi pada kelas VIII unggulan adalah terjadi penurunan pemahaman siswa tentang materi suhu dan kalor yang ditunjukkan dengan menurunnya prosentase konsepsi ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsepsi, Perubahan Konseptual, Suhu dan Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 21 Jan 2016 11:26 |
Last Modified: | 21 Jan 2016 11:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23041 |
Actions (login required)
View Item |