PENGEMBANGAN LKS FISIKA TERINTEGRASI KARAKTER BERBASIS PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Windy Setyorini , 4201410054 (2014) PENGEMBANGAN LKS FISIKA TERINTEGRASI KARAKTER BERBASIS PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LKS FISIKA TERINTEGRASI KARAKTER BERBASIS PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR) - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Proses pembelajaran IPA di SMP N 1 Semarang masih berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal 76 saat mengalami pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa karena siswa tidak dibiasakan menemukan konsep sendiri. Pendekatan CTL membiasakan siswa mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, sehingga siswa lebih memahami konsep dan LKS membantu guru membimbing siswa melaksanakan pembelajaran aktif. Namun LKS yang beredar di pasaran dan sering digunakan kurang bermuatan kontekstual dan kurang memenuhi aspek-aspek perkembangan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan serta keefektifan LKS fisika terintegrasi karakter berbasis pendekatan CTL yang dikembangkan untuk mengembangkan karakter dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini termasuk R & D dan ujicoba pemakaian dilaksanakan dengan pola control group pre-test post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII H SMPN 1 Semarang semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Analisis uji deskriptif presentase digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKS, perkembangan karakter kelas eksperimen, dan hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis uji t pihak kanan digunakan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Uji gain digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan LKS yang dikembangkan layak digunakan sebagai panduan belajar, dilihat dari hasil analisis uji deskriptif presentase menunjukan skor rata-rata dari masing-masing ahli sebesar 92,73% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis uji deskriptif presentase juga menunjukan telah terjadi perkembangan karakter pada kelas eksperimen ditandai dengan peningkatan skor dari 75,70 menjadi 81,95 dengan kategori membudaya untuk karakter rasa ingin tahu dan 84,14 menjadi 87,89 dengan kategori membudaya untuk bersahabat (komunikatif). Rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen mengalami peningkatan,dilihat dari faktor gain sebesar 0,66 dan termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis uji t pihak kanan yang berarti rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh simpulan bahwa LKS fisika terintegrasi karakter berbasis pendekatan CTL layak digunakan sebagai panduan belajar yang dapat mengembangkan karakter dan meningkatkan hasil belajar kognitif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: LKS, karakter, hasil belajar, pendekatan CTL
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 21 Jan 2016 06:22
    Last Modified: 21 Jan 2016 06:22

    Actions (login required)

    View Item