APLIKASI M-LEARNING BERBASIS J2ME PADA POKOK BAHASAN GAYA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP


J a y a n t o , 4201404005 (2009) APLIKASI M-LEARNING BERBASIS J2ME PADA POKOK BAHASAN GAYA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of APLIKASI M-LEARNING BERBASIS J2ME PADA POKOK BAHASAN GAYA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP]
Preview
PDF (APLIKASI M-LEARNING BERBASIS J2ME PADA POKOK BAHASAN GAYA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar. Semakin berkembangnya teknologi secara langsung maupun tidak mempengaruhi metode belajar dan kebutuhan akan pendidikan itu sendiri. Dilain pihak media belajar juga ikut berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat. Dengan keadaan ini guru dituntut untuk bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menciptakan suatu media belajar yang bisa membantu siswa belajar dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini dilakukan sehubungan dengan perlunya media belajar yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja tanpa ada batasan tempat dan waktu. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah ”Apakah penerapan m-learning berbasis J2ME dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada pokok bahasan gaya bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Semarang?" Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi apakah penerapan m-learning berbasis J2ME sebagai bentuk paket program pembelajaran fisika mandiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat mempermudah siswa memahami konsep fisika pokok bahasan gaya, memberikan bimbingan untuk siswa agar belajar secara mandiri dan berinteraksi dengan telepon selular serta sebagai media dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Semarang dengan sampel siswa kelas VIII H dan I yang memiliki telepon selular yang mendukung program Java sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Variabel penelitian yaitu media pembelajaran berupa m-learning berbasis J2ME yang dikemas ke dalam aplikasi telepon selular sebagai variable bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Penelitian dilakukan dengan metode quasi eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes 65,8 dan nilai rata-rata postes 82,02. Dari angket yang diberikan kepada 40 responden diperoleh hasil 73,72% yang termasuk dalam kategori cukup baik. Dari uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 30,7046 dan harga tabel untuk α = 5% dengan db = 39 adalah 1,6458. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan m-learning berbasis J2ME pada pembelajaran fisika pokok bahasan gaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, M-Learning, Gaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 07:49
Last Modified: 25 Apr 2015 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item