PENDEKATAN PROBLEM SOLVING LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA AL ASROR GUNUNGPATI SEMARANG


Nur Azizah , 4201410035 (2014) PENDEKATAN PROBLEM SOLVING LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA AL ASROR GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENDEKATAN PROBLEM SOLVING LABORATORY UNTUK  MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA AL ASROR GUNUNGPATI SEMARANG]
Preview
PDF (PENDEKATAN PROBLEM SOLVING LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA AL ASROR GUNUNGPATI SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran melalui kegiatan laboratorium cenderung memiliki tingkat pemahaman yang rendahkarena didominasi oleh instruksi, kurang memberi kesempatan siswa untuk mengembangkan komitmen, ide mandiri dan eksplorasi aktif.Alternatif solusinya adalah penerapan model pembelajaran problem solving laboratory. Model PSL yaitu menata ulang proses pelaksanaan kegiatan laboratorium dan berbagai perangkat pendukung kegiatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreatifitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA Al Asror Gunungpati Semarang.Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Asror Gunungpati Semarang dengan desain two group pretest postest..Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kreatifitas siswakelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kreatifitas siswa kelas eksperimen meningkat dari 53,58 menjadi 80,32 sedangkan kelas kontrol meningkat dari 52,54 menjadi 71,41. Peningkatan nilai hasil belajar (pretest -posttest) sebesar 0,70 untuk kelas eksperimen masuk kriteria tinggi dan 0,36 untuk kelas kontrol masuk kriteria sedang.Kesimpulannya, pendekatan Problem Solving Laboratory dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa di MA Al-Asror Gunungpati Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Problem Solving Laboratory, kreatifitas, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 Jan 2016 11:19
Last Modified: 21 Jan 2016 11:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23039

Actions (login required)

View Item View Item