PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. NAHDLATUL MUSLIMIN KUDUS
Alfiatun Ni’mah , 4201410012 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. NAHDLATUL MUSLIMIN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. NAHDLATUL MUSLIMIN KUDUS)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran harus melibatkan siswa secara aktif untuk berinteraksi, sehingga potensi mereka dapat berkembang secara optimal. Namun berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan guru IPA fisika di MTs. Nahdlatul Muslimin diketahui bahwa guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, pembelajaran ini didominasi oleh guru (teacher centered), sehingga proses pembelajaran kurang menarik, komunikasi antara guru dan siswa maupun antarsiswa minim,partisipasi mereka dalam pembelajaran tergolong kurang, dan hasil belajar fisika pada materi cahaya dan optik tergolong rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran Think Pair Share(TPS) dengan metode eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan Think Pair Share(TPS) dengan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen diterapkan Think Pair Share (TPS) dengan metode eksperimen. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol diterapkan metode ceramah dan tanya jawab. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) Dokumentasi berupa nilai rapor semester gasal IPA, (2)Tes berupa pre-testdan post-test, (3) Observasi berupa lembar observasi aktivitas belajar. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa digunakan uji gain, sedangkan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa digunakan analisis observasi aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada penerapan Think Pair Share (TPS) dengan metode eksperimen dapat meningkat. Aktivitas belajar siswa pada penerapan Think Pair Share (TPS) dengan metode eksperimen juga meningkat. Aspek aktivitas belajar siswa yang dinilai adalah melakukan percobaan, menyimpulkan hasil percobaan, mengajukan pertanyaan, mendengarkan presentasi, mengemukakan pendapat, mengerjakan tes dan mencatat materi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Think Pair Share(TPS) dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar,hasil belajar,metode eksperimen, think pair share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 21 Jan 2016 11:09 |
Last Modified: | 21 Jan 2016 11:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23037 |
Actions (login required)
View Item |