PENGARUH LATIHAN TENDANGAN MENGUNAKAN KAKI DALAM DAN PUNGGUNG KAKI PENUH TERHADAP KETEPATAN SHOOTING KE GAWANG (Eksperimen Pada SSB Apacinti Kabupaten Semarang U-16 Tahun 2015)


IRFAN DWI SAPTIYANTO , 6301411029 (2015) PENGARUH LATIHAN TENDANGAN MENGUNAKAN KAKI DALAM DAN PUNGGUNG KAKI PENUH TERHADAP KETEPATAN SHOOTING KE GAWANG (Eksperimen Pada SSB Apacinti Kabupaten Semarang U-16 Tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN TENDANGAN MENGUNAKAN  KAKI DALAM DAN PUNGGUNG KAKI PENUH TERHADAP KETEPATAN SHOOTING  KE GAWANG (Eksperimen Pada SSB Apacinti Kabupaten Semarang U-16 Tahun 2015)]
Preview
PDF (PENGARUH LATIHAN TENDANGAN MENGUNAKAN KAKI DALAM DAN PUNGGUNG KAKI PENUH TERHADAP KETEPATAN SHOOTING KE GAWANG (Eksperimen Pada SSB Apacinti Kabupaten Semarang U-16 Tahun 2015)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: (1) Penguasaan teknik dasar merupakan modal utama untuk dapat bermain sepakbola. (2) Teknik menendang bola merupakan teknik dasar permainan sepakbola. Rumusan masalah : (1) Adakah pengaruh latihan shooting kaki dalam terhadap ketepatan shooting? (2) Adakah pengaruh latihan shooting punggung kaki terhadap ketepatan shooting? (3) Manakah dari kedua latihan tersebut yang lebih baik terhadap ketepatan shooting?. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan desain penelitian “pre-test dan post-test group”. Pemain SSB Apacinti dibawah 16 tahun 2015 populasi sebanyak 60 orang, dan sampel berjumlah 20 orang dengan teknik purposive sample. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu shooting kaki dalam dan shooting punggung kaki penuh serta variabel terkait yaitu ketepatan shooting ke gawang. Analisis data dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Ada pengaruh latihan tendangan kaki dalam terhadap ketepatan shooting, karena thitung (3,588) > ttabel(2,093). (2) Ada pengaruh latihan tendangan punggung kaki penuh terhadap ketepatan shooting, karena thitung (4,178) > ttabel(2,093). (3) Latihan shooting menggunakan kaki dalam lebih baik dari pada shooting dengan punggung kaki, karena hasil rata-rata latihan shooting kaki dalam lebih besar dari pada latihan shooting dengan punggung kaki yaitu 15,00 dan 12.90. Saran penelitian adalah : Untuk pelatih sepak bola dalam meningkatkan akurasi shooting ke gawang dapat menggunakan latihan tendangan dengan kaki dalam karena lebih efektif dalam ketepatan tendangan ke gawang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tendagan Kaki Dalam, Punggung Kaki Penuh, Shooting.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jan 2016 11:53
Last Modified: 20 Jan 2016 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23018

Actions (login required)

View Item View Item