PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi Empiris Pada Komunitas Pedagang Kaki Lima Di Alun-Alun Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal)


Muhammad Ari Akbar , 1201411092 (2015) PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi Empiris Pada Komunitas Pedagang Kaki Lima Di Alun-Alun Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411092.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran orang tua dalam mendidik anak adalah kunci keberhasilan orang tua dalam membentuk kepribadian anak. Orang tua diharapkan berperan aktif dalam memberikan dukungan pada setiap proses pendidikan anak tidak terkecuali orang tua yang bekerja sebagai pedagang kaki lima. Pekerjaan orang tua sebagai pedagang kaki lima tentu memberikan dampak terhadap pendidikan anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran orang tua dari pedagang kaki lima di Alun-Alun Kaliwungu Kabupaten Kendal terhadap pendidikan anak. (2) Bagaimana dampak peran orang tua pedagang kaki lima terhadap pendidikan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai (1) Peran orang tua dari pedagang kaki lima di Alun-Alun Kaliwungu Kabupaten Kendal terhadap pendidikan anak. (2) Dampak peran orang tua pedagang kaki lima terhadap pendidikan anak. Penelitan ini dilaksanakan di Alun-Alun Kaliwungu Kabupaten Kendal dengan mengambil subjek penelitian yakni 10 orang tua yang bekerja sebagai pedagang kaki lima. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Peran pada orang tua yang bekerja sebagai pedagang kaki lima di Alun-Alun Kaliwungu Kendal ditunjukan dari keterlibatan orang tua dalam memberikan dukungan terhadap pendidikan anaknya yakni berupa pemberian perhatian belajar, pemenuhan fasilitas belajar anak dan peran dalam menentukan jenis pendidikan anak. Namun rata-rata pedagang kaki lima tersebut memiliki peran yang kurang aktif terhadap pendidikan anaknya. (2) Dampak dari peran orang tua sebagai pedagang kaki lima yang kurang aktif terhadap pendidikan anak ditunjukkan dari tingkat keberhasilan pendidikan anak yakni berupa prestasi belajar anak yang cukup rendah. Anak kurang berprestasi di sekolahnya, bahkan ada pula yang tidak tamat sekolah. Oleh karena itu saran yang dapat disampaikan adalah (1) Orang tua yang bekerja sebagai pedagang kaki lima hendaknya dapat meluangkan waktunya untuk terlibat aktif dalam pendidikan anak, (2) Pemberian dukungan pada pendidikan anak tidak hanya diberikan melalui pemenuhan biaya maupun fasilitas pendidikan, namun yang lebih penting adalah perhatian orang tua secara langsung pada kegiatan pendidikan anak, dan (3) Orang tua hendaknya lebih memahami arti penting pendidikan pada anak sehingga dapat memberikan masa depan yang lebih baik bagi anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: dampak, Pedagang Kaki Lima, pendidikan anak, peran orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2016 11:53
Last Modified: 20 Jan 2016 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23017

Actions (login required)

View Item View Item