PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUKODONO


Pramagita Cukita Fiani , 5302411041 (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUKODONO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUKODONO]
Preview
PDF (PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUKODONO) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Terbatasnya jumlah laboratorium komputer di SMP Negeri 1 Sukodono menyebabkan siswa tidak dapat belajar di laboratorium komputer setiap minggu. Oleh sebab itu, pembelajaran dilakukan di kelas. Akan tetapi, tidak setiap kelas dilengkapi dengan LCD, sehingga dalam mengajar guru hanya menggunakan metode ceramah. Penggunaan metode ceramah belum mampu membentuk karakter positif siswa serta belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan inovasi metode mengajar. Salah satunya menggunakan Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi Metode Active Learning Tipe Quiz Team, mengetahui karakter siswa yang terbentuk melalui implementasi Metode Active Learning Tipe Quiz Team, serta hasil belajar siswa setelah dilakukan implementasi Metode Active Learning Tipe Quiz Team pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukodono. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukodono. Sampel diperoleh melalui teknik random sampling dengan cara undian, dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas sampel. Data diperoleh melalui teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses implementasi Metode Active Learning Tipe Quiz Team dilakukan dalam tiga tahap, yaitu melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam dua kali pertemuan, diperoleh persentase rata-rata kegiatan pembelajaran adalah 90,48% dan 100%, sehingga proses implementasi sudah terlaksana dengan baik; 2) Dari dua kali pertemuan, persentase rata-rata karakter siswa meningkat dari 61,25% menjadi 88,75%, sehingga karakter siswa terbentuk dari kategori Mulai Berkembang menjadi Membudaya. Adapun karakter yang terbentuk adalah disiplin, komunikatif, toleransi, dan tanggung jawab. Dari keempat karakter tersebut, karakter komunikatif dan tanggung jawab mengalami peningkatan paling tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh faktor perhatian, minat, dan kesiapan siswa; 3) Hasil belajar siswa sesudah implementasi mengalami peningkatan, yakni dari 56,25% menjadi 87,50% serta nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 70 menjadi 86,25.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quiz Team, Metode Active Learning Tipe Quiz Team, Implementasi, Karakter, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jan 2016 11:41
Last Modified: 20 Jan 2016 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23015

Actions (login required)

View Item View Item