APLIKASI PARAMETRIK JITU UNTUK ANALISIS STATISTIKA INFERENSIAL PARAMETRIK BERBASIS WEB DAN ANDROID CLIENT

Ahmad Noor Taufiq , 4112312003 (2015) APLIKASI PARAMETRIK JITU UNTUK ANALISIS STATISTIKA INFERENSIAL PARAMETRIK BERBASIS WEB DAN ANDROID CLIENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (APLIKASI PARAMETRIK JITU UNTUK ANALISIS STATISTIKA INFERENSIAL PARAMETRIK BERBASIS WEB DAN ANDROID CLIENT) - Published Version
Download (2183Kb)

    Abstract

    Alat penghitung yang efisien menjadi salah satu modal utama yang digunakan oleh seorang peneliti agar peneliti dapat memperoleh hasil analisis data yang tepat. Kebutuhan tersebut menjadi dasar setiap ahli pemrograman untuk menyediakan jasanya, begitu pula penulis berusaha menyajikan sebuah perhitungan statistika, yakni uji parametrik yang sering kali digunakan oleh peneliti dalam menganalisis hasil penelitiannya. Aplikasi Parametrik Jitu merupakan aplikasi yang dapat menghitung sekaligus menganalisis uji parametrik ini selain dapat diakses dengan komputer atau web browser, aplikasi ini juga memanfaatkan teknologi Android pada mobile untuk memudahkan akses agar lebih mudah dikunjungi dan akses yang lebih cepat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pembuatan aplikasi parametrik jitu untuk analisis statistika inferensial parametrik dengan menggunakan bahasa pemograman PHP, Android client dan MySQL sebagai alat pengolahan data statistika inferensial parametrik? (2) bagaimana ketepatan hasil analisis secara teoritis dengan hasil analisis dari aplikasi parametrik jitu? Dalam perancangan dan pembuatan aplikasi ini dilakukan analisis statistika inferensial parametrik menggunakan SPSS, perancangan flowchart, pembuatan database dan program, implementasi program, pengujian dan perbaikan. Pengujian aplikasi dilakukan dengan membandingkan hasil analisis menggunakan SPSS dengan menggunakan data yang sama dari penelitian skripsi, laporan PKL dan buku referensi. Simpulan yang diperoleh adalah tidak terdapat perbedaan sama sekali pada hasil analisis menggunakan SPSS dengan menggunakan aplikasi Parametrik Jitu, sehingga aplikasi Parametrik Jitu dapat digunakan untuk menganalisis uji statistika inferensial parametrik. Peneliti menyarankan dibutuhkan pengembangan terhadap aplikasi yaitu untuk menganalisis uji statistika inferensial parametrik selain yang terdapat pada penelitian ini, dan juga dibutuhkan pengembangan terhadap aplikasi androidnya agar menjadi program yang lebih kompleks.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aplikasi Parametrik Jitu, Statistika Inferensial Parametrik, Android Client.
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 20 Jan 2016 06:11
    Last Modified: 20 Jan 2016 06:11

    Actions (login required)

    View Item