IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM– GAMES–TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG SISWA KELAS IX SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA


Maulana Yusuf , 3201411133 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM– GAMES–TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG SISWA KELAS IX SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN  TEAM– GAMES–TOURNAMENT (TGT)  PADA MATA PELAJARAN IPS  MATERI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG SISWA KELAS IX SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM– GAMES–TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG SISWA KELAS IX SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengajaran yang efektif merupakan pengajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau melakukan aktivitas sendiri (Oemar Hamalik, 2009:170). Hasil Observasi di SMP Islam Sudirman Ambarawa diperoleh data: 1) bahwa hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPS masih rendah, 2) Siswa cenderung pasif saaf kegiatan pembelajaran berlangsung, 3) siswa cenderung malas, mengakibatkan efektivitas belajar kurang baik. Inti dari masalah-masalah tersebut adalah Efektevitas belajar. Efektivitas belajar adalah keaktifan siswa yang dilibatkan dalam pengorganisasian dan penemuan informasi (pengetahuan) serta keterkaitan informasi yang diberikan (Sinambela, 2010). Dalam efektifitas terdapat 4 kriteria antara lain: 1) Ketercapaian ketuntasan belajar, 2) Ketercapaian efektivitas aktivitas siswa yaitu pencapaian waktu ideal yang digunakan siswa melakukan setiap kegiatan yang termuat dalam rencana pembelajaran, 3) Ketercapaian efektivitas kemampuan guru mengelola pembelajaran, 4) Respon positif siswa terhadap pembelajaran. Siswa yang kurang efektif dalam pembelajaran dapat terjadi karena model pembelajaran yang digunakan kurang melibatkan aktivitas siswa secara langsung. Berbagai model pembelajaran yang berorientasi pada efektivitas belajar siswa saat ini telah banyak dikemukakan. Salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas belajar adalah model Team Game Tournament (TGT). Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa dilibatkan dalam proses belajar dan bermain. Proses ini bertujuan untuk menambah variasi proses belajar mengajar sehingga lebih menarik, menyenangkan, memotivasi siswa, meningkatkan aktivitas dan kerja sama siswa saat pembelajaran di kelas berlangsung. Solusi untuk mengatasi masalah yang ada pada kelas IX SMP Islam Sudirman Ambarawa tersebut adalah dengan menggunakan salah satu model pembelajaran Team Game Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dan Mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran dalam implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS materi Negara maju Negara berkembang Siswa Kelas IX SMP Islam Sudirman Ambarawa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pre Experimental Design dengan subjek penelitian diambil menggunakan teknik random sampling. Rancangan penelitian ini menggunakan pola One group Pre-test Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Islam Sudirman Ambarawa yang terdiri dari 6 kelas. Metode pengumpulan data untuk penelitian yaitu observasi, angket, tes, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Team Game Tournament dapat digunakan sebagi salah satu variasi model pembelajaran IPS, karena dalam pembelajaran dengan menggunakan model TGT dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa. Ditunjukkan dengan respon siswa yang baik untuk model pembelajaran TGT ini dengan presentasi 91,67%, kemampuan guru dalam menerapkan model TGT juga sangat baik yaitu dengan presentasi 86% dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil pre-test dan post-test, yaitu dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 67,17 dan rata-rata post test sebesar 72,50 atau terjadi peningkatan 7,94%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS dapat diterapkan dengan baik. Implementasi TGT juga dapat digunakan sebagai salah satu variasi pembelajaran sehingga lebih menarik, menyenangkan memotivasi siswa, meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kerja sama siswa. Implementasi model pembelajaran TGT di SMP Islam Sudirman Ambarawa dapat dilakukan dengan sangat baik dan respon siswa terhadap pembelajaran baik sehingga efektivitas pembelajaran mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Team Game Tournament
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Jan 2016 11:06
Last Modified: 20 Jan 2016 11:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23009

Actions (login required)

View Item View Item