PEMBELAJARAN MODEL ARIAS DENGAN TIM AHLI PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 2 KEBUMEN

Fatchun ‘Alim, 4201410004 (2014) PEMBELAJARAN MODEL ARIAS DENGAN TIM AHLI PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 2 KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN MODEL ARIAS DENGAN TIM AHLI PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 2 KEBUMEN) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Kebumen kurang maksimal atau rendah. Banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Ketuntasan klasikal aspek kognitif sebesar 60,55% menunjukkan bahwa hasil belajar belum tuntas dan termasuk dalam kategori rendah. Hasil angket observasi menyatakan bahwa kurangnya kegiatan memotivasi, siswa kurang latihan soal, siswa kurang percaya diri dalam mengerjakan soal fisika, siswa kurang tahu manfaat mempelajari ilmu fisika untuk masa depan, model pembelajaran kurang menarik, dan siswa kurang berminat pada kegiatan diskusi, merupakan beberapa faktor yang sangat dimungkinkan menyebabkan hasil belajar fisika aspek kognitif kurang maksimal/rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika pokok bahasan alat – alat optik siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Kebumen. Model pembelajaran yang digunakan adalah ARIAS dengan Tim Ahli. Model pembelajaran ARIAS dengan Tim Ahli terdiri dari lima kategori, yaitu assurance, relevance, interest, assessment, and satisfaction. Kelima kategori tersebut mempunyai langkah pembelajaran masing – masing, sehingga kegiatan pembelajaran lebih rinci dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian di kelas X MIA 2 merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan, persentase siswa yang berminat diskusi pada pelajaran fisika pada siklus I sebesar 91%, siklus II 100%, dan siklus III 100%. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada siklus I 62,5%, siklus II 75,0%, dan siklus III 87,5%. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar afektif pada siklus I 75%, siklus II 84,38%, dan siklus III 90,63%, sedangkan untuk hasil belajar psikomotorik, pada siklus I 71,88%, siklus II 81.25% dan siklus III 90,63%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS dengan Tim Ahli mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Kebumen. Oleh karena itu, pembelajaran model ARIAS dengan Tim Ahli sebaiknya dikembangkan pada pembelajaran materi selanjutnya sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Diskusi, Alat – Alat Optik, Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dengan Tim Ahli, PTK.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 18 Jan 2016 08:44
    Last Modified: 18 Jan 2016 08:44

    Actions (login required)

    View Item