PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPOE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF FISIKA SMP


Eko Yulianto, 4201409085 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPOE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF FISIKA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPOE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF FISIKA SMP]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPOE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF FISIKA SMP) - Updated Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran fisika merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam yang menyampaikan konsep, fakta, dan prinsip yang tidak hanya dengan sekedar memberi materi dengan ceramah saja, tetapi juga dengan model pembelajaran yang lebih efektif.Suatu model pembelajaran dibutuhkan untuk memberikan kesempatan kepada siswa terlibat aktif dalam mengeksplorasi dan mengaplikasikan konsep-konsep IPA di kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu model POE (Predict-Observe-Explain). POE merupakan metode pembelajaran yang lebih menekankan siswa untuk mengembangkan kecakapan hidup (life skills).Salah satu kecakapan hidup yang harus dikuasai adalah kemampuan berpikir kritis.Selain itu, dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis, diharapkan kemampuan kognitif siswa juga meningkat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa SMP setelah diterapkannya model pembelajaran POE dalam pokok bahasan kalor. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Juwangi dengan Pretest-Posttest One Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan populasi kelas VII dan kelas sampel kelas VII C. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama siswa yang digunakan dalam sampel. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai gain hasil belajar kognitifdengan kategori sedang. Nilai gain kemampuan berpikir kritis juga dengan kategori sedang. Hasil t-test menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (thitung> ttabel). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran POE padapembelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2016 13:40
Last Modified: 18 Jan 2016 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23000

Actions (login required)

View Item View Item