ANALISIS PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN KELAS X SMA NEGERI 1 SALE REMBANG


Dwi Retno Irawati , 4201409076 (2014) ANALISIS PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN KELAS X SMA NEGERI 1 SALE REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN KELAS X SMA NEGERI 1 SALE REMBANG]
Preview
PDF (ANALISIS PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN KELAS X SMA NEGERI 1 SALE REMBANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pokok bahasan Besaran dan Satuan merupakan dasar dari pembelajaran Fisika, karena pembelajaran Fisika tidak akan terlepas dari besaran, satuan, pengukuran dan vektor. Salah satu tujuan penelitian pendidikan fisika adalah untuk mengidentifikasi sumber-sumber kesulitan siswa dalam mempelajari fisika dan untuk merencanakan serta mengakses kurikulum dan pedagogi yang diharapkan dapat mengurangi kesulitan-kesulitan tersebut. Penguasaan peserta didik akan materi Fisika yang telah diajarkan, baru dapat diketahui oleh guru bila telah diadakan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep Fisika siswa pada pokok bahasan besaran dan satuan pada kelas X SMA Negeri 1 Sale Tahun Pelajaran 2013/2014. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Sale. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes Fisika yang berjumlah 26 butir soal yaitu 20 butir soal pilihan ganda dan 6 butir soal uraian. Jawaban tes dari siswa dianalisis untuk dicari letak, jenis dan kemungkinan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam (a) Membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan serta memberikan contohnya adalah 3,33%. (b) Mengukur besaran panjang, massa, waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan adalah 71,67%. (c) Menuliskan satuan besaran pokok dan besaran turunan dalam standar internasional adalah 31,11%. (d) Menentukan dimensi suatu besaran serta menerapkan analisis dimensional dalam pemecahan masalah adalah 65,33%. (e) Memahami aturan-aturan angka penting dan pengoperasiannya adalah 63,33%. (f) Membedakan pengertian besaran vektor dan besaran skalar serta memberikan contohnya adalah 70%. (g) Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara analitis adalah 80,95%. (2) Kesulitan paling dominan yang dialami siswa adalah kesulitan pada materi vektor dan pengukuran. (3) Persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal hitungan adalah 65,11%. Faktor penyebab kesulitan yang terjadi adalah siswa kurang menguasai dan memahami materi pembelajaran, siswa tidak dapat memahami soal, siswa kurang teliti dan kurang cermat dalam mengutip soal, memperhatikan lambang atau simbol dan satuan, mengutip persamaan, melakukan perhitungan serta siswa tidak tahu langkah yang harus digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah fisika. Rata-rata tingkat kesulitan siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas X.4 mengalami kesulitan yang tinggi dalam menguasai konsep Fisika pokok bahasan Besaran dan Satuan terutama materi vektor dan pengukuran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, penguasaan konsep, besaran dan satuan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2016 13:37
Last Modified: 18 Jan 2016 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22999

Actions (login required)

View Item View Item