PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN MEDIA KING’S QUIZ TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMP


Lutvi Setyadi, 4201408046 (2014) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN MEDIA KING’S QUIZ TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN MEDIA KING’S QUIZ TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMP]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN MEDIA KING’S QUIZ TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMP) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada prinsipnya belajar adalah berbuat, tidak ada belajar jika tidak ada aktivitas. Keaktifan siswa berdampak pada hasil belajar. Penggunaan permainan kartu bertujuan untuk membantu mengerti dan menghafalkan konsep, hukum-hukum fisika, secara rileks tanpa tekanan apapun. Model Learning Cycle 5E dan Media King’s Quiz diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan Model Learning Cycle 5E dan Media King’s Quiz lebih baik daripada pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model ceramah dan Media King’s Quiz. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siwa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang. Sampel dipilih secara Random Sampling diperoleh siswa kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Model Learning Cycle 5E dengan Media King’s Quiz dapat meningkatkan pemahaman fisika siswa SMP kelas VII semester II. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, hasil uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung=3,067 lebih besar dari ttabel =1,664. Selain itu peningkatan pemahaman kelas kontrol dapat dilihat dari rata-rata nilai pre test dan post test yang diperoleh yaitu sebesar 46,296 dan 71,991 dengan gain ternormalisasi sebesar 0,48. Peningkatan pemahaman pada kelas eksperimen secara signifikan dapat dilihat dari rata-rata nilai pre test dan post test yang diperoleh yaitu sebesar 46,296 dan 75 dengan gain ternormalisasi sebesar 0,53. Secara signifikan dihitung menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%, menunjukkan bahwa thitung = 3,067 lebih besar dari ttabel = 1,664, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata peningkatan pemahaman kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Aktivitas belajar siswa kelas kontrol P=18,09% dikategorikan “kurang sekali” sedangkan kelas eksperimen P=41,39% dikategorikan “cukup”, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwaModel Learning Cycle 5E dengan Media King’s Quizdapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang pada pokok bahasan wujud zat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Learning Cycle 5E, Media King’s Quiz, Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2016 13:31
Last Modified: 18 Jan 2016 13:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22998

Actions (login required)

View Item View Item