PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Andhyka Eddy Casmudi , 4201408041 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA) - Published Version
Download (1810Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Cooperative Learning tipe Think Pair Square pada pembelajaran Fisika efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran yang digunakan dilihat dari aktivitas guru dan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menerapkan metode Think Pair Square. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembalajaran cooperative learning tipe think pair square lebih efektif dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dibandingkan model konvensional. Selain itu uji signifikasi peningkatan rata-rata keterampilan proses sains menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan kategori sedang pada kedua kelas. Keterlaksanaan model pembelajaran dilihat dari aktifitas guru terlaksana seluruhnya baik pada kelas eksperimen maupun konvensional. Dilihat dari aktivitas siswa ada tahapan pembelajaran yang tidak terlaksana, tetapi secara umum tahapan yang tidak terlaksana lebih banyak pada pembelajaran yang menerapkan model konvensional dari pada kelas eksperimen.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan proses sains, Cooperative, Think Pair Square
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 18 Jan 2016 08:27
    Last Modified: 18 Jan 2016 08:27

    Actions (login required)

    View Item