PENGEMBANGAN MEDIA QUESTION CARD BERBASIS PENDEKATAN MASALAH PADA TEMA ENERGI DAN KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP


Yeni Setyowati , 4001410065 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA QUESTION CARD BERBASIS PENDEKATAN MASALAH PADA TEMA ENERGI DAN KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA QUESTION CARD BERBASIS PENDEKATAN MASALAH PADA TEMA ENERGI DAN KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA QUESTION CARD BERBASIS PENDEKATAN MASALAH PADA TEMA ENERGI DAN KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Peraturan Pemerintah no.32 tahun 2013 menuntut tenaga pendidik untuk melaksanakan pembelajaran yang interaktif, kreatif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemandirian dan minat siswa. Media pembelajaran yang mendukung pembelajaran demikian masih terbatas, sehingga dibutuhkan media yang tidak hanya mampu menarik minat belajar siswa, namun juga meningkatkan kemandirian dan kemampuan berpikir kritis. Peneliti mencoba mengembangkan media pembelajaran Question Card berbasis pendekatan masalah untuk membantu guru dalam melaksakan pembelajaran yang interaktif, kreatif dan menyenangkan.Desain penelitian ini adalah Research and Development(R n D).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media Question Card berbasis pendekatan masalah tema Energi dan Kehidupan pada makhluk hidup untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Question Card layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di SMP. Hasilpenilaian kelayakan media mencapai 96,18 % dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang mencapai 76%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media Question Card layak digunakan dalam kegiatan pembelakaran IPA Terpadu sesuai dengan kriteria menurut BNSP. Media Question Card berbasis pendekatan masalah layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA Terpadu tema Energi dan Kehidupan di SMP

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Question Card, IPA Terpadu, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2016 13:22
Last Modified: 18 Jan 2016 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22996

Actions (login required)

View Item View Item