PENERAPAN JURNAL REFLEKTIF PADA PEMBELAJARAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP N 1 GRABAG MAGELANG


Lastin Nur Hasanah , 4401407024 (2014) PENERAPAN JURNAL REFLEKTIF PADA PEMBELAJARAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP N 1 GRABAG MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN JURNAL REFLEKTIF PADA PEMBELAJARAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP N 1 GRABAG MAGELANG]
Preview
PDF (PENERAPAN JURNAL REFLEKTIF PADA PEMBELAJARAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP N 1 GRABAG MAGELANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran topik pengelolaan lingkungan belummencerminkan proses refleksidirisiswa. Jurnal reflektif merupakan sarana untuk melatih strategi berpikir reflektif.Secara teoritis jurnal reflektif merupakan catatan siswa pada setiap pembelajaran saat siswamelakukan evaluasi belajarnya demi peningkatan hasil belajar. Jurnal reflektif dalam penelitian ini adalah skor pernyataan reflektif siswa mengenai materi yang sudah dipahami, kendala yang dihadapi, materi yang perlu dipelajari lebih lanjut, pengalaman belajar dan usaha untuk mencapai tujuan belajar pada pembelajaran IPA (Biologi).Penelitianinibertujuanuntukmenguji pengaruhpenerapanjurnal reflektif pada pembelajaran pengelolaan lingkungan terhadaphasilbelajarsiswa di SMP Negeri 1 Grabag kabupaten Magelang. Desain penelitian menggunakan quasi experimentdesign, model pre-post test.Populasi adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah I53 siswa.Sampel diambil dengan menggunakan metode convenience sampling.Sampel sebanyak60 siswadariduakelas, yaitukelas VII.A (30 siswa) dan VII.B (30 siswa).Data yang dikumpulkanberupaskorjurnal reflektif dan hasilbelajardiperolehmelaluipost-test.Data-data tersebutdianalisissecarakuantitatif. Hasil uji-t menunjukkan bahwa penerapan jurnal reflektif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaannyatadarikeduakelompokdenganrata-rata hasilbelajarsiswakelas eksperimen85,47 lebihbesardari rata-rata kelas kontrol yaitu 78,93 (α 0,05). Sekalipun demikian kontribusi penerapan jurnal reflektif terhadap hasil belajarrelatif kecil 11,0%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jurnal Reflektif, Pembelajaran Pengelolaan Lingkungan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2016 12:44
Last Modified: 15 Jan 2016 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22977

Actions (login required)

View Item View Item