PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DI SD ISLAM HIDAYATULLAH KOTA SEMARANG


RISKA PRATAMA , 1401411451 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DI SD ISLAM HIDAYATULLAH KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DI SD ISLAM HIDAYATULLAH KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DI SD ISLAM HIDAYATULLAH KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VC SD Islam Hidayatullah KD 2.1, masih perlu ditingkatkan, ditunjukkan data dari 36 siswa hanya 16 siswa (44%) yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, sedangkan sisanya 20 siswa (56%) nilainyadibawah KKM. Rumusan masalah: Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas VC SD Islam Hidayatullah?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check di SD Islam Hidayatullah. Manfaat penelitian adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model kooperatif tipe Pair Check untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tahapan penelitian meliputi: perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan dan reflleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VC sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: (1) Keterampilan guru siklus I jumlah skor 32 dengan kriteria baik selanjutnya siklus II jumlah skor yang diperoleh 41 dengan kriteria sangat baik (2) Aktivitas siswa pada siklus I jumlah skor rata-rata yang diperoleh 24,2 dengan kriteria cukup, selanjutnya pada siklus II jumlah skor rata-rata yang diperoleh 31,8 dengan kriteria baik (3) Hasil belajar siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 72,7 dengan ketuntasan belajar 69,4% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 79,4 dengan ketuntasan belajar 86,1%. Simpulan, hasil penelitian melalui model kooperatif tipe Pair Check telah mencapai indikator keberhasilan dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran bagi guru agar mengatasi permasalahan pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, Pair Check, Kualitas pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2016 16:29
Last Modified: 13 Jan 2016 16:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22968

Actions (login required)

View Item View Item