PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA FOTO PRIBADI SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 1 CEPIRING KABUPATEN KENDAL


Tuti Anisah , 2101411032 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA FOTO PRIBADI SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 1 CEPIRING KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA FOTO PRIBADI SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 1 CEPIRING KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA FOTO PRIBADI SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 1 CEPIRING KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-4 SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal tergolong masih rendah. Hal tersebut terbukti pada hasil tes awal atau prasiklus dengan nilai rata-rata 52 dan belum mencapai batas minimal ketuntasan yang telah ditentukan sekolah yaitu sebesar 75, termasuk dalam kategori kurang. Hasil prasiklus ini didukung dengan hasil wawancara dan observasi kelas. Pembelajaran yang belum berhasil juga dapat dilihat dari hasil pekerjaan siswa dalam menulis cerpen secara tertulis, khususnya dalam menentukan tema dan alur serta kurang sesuainya teknik yang digunakan dalam pembelajaran, pemanfaatan media yang kurang maksimal, dan siswa yang kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen. peningkatan keterampilan menulis cerita pendek perlu ditingkatkan dengan teknik dan media pembelajaran yang tepat, dalam hal ini guru sebagai fasilitator berperan penting dalam pemilihan teknik dan media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran menulis cerita pendek. Penggunaan teknik latihan terbimbing berbantuan media foto pribadi dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen. Berdasarkan penjelasan di atas, rumusan permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan teknik latihan terbimbing berbantuan media foto pribadi, dan perubahan perilaku siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan teknik latihan terbimbing berbantuan media foto pribadi pada siswa kelas X-4 SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajara, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen, dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa menggunakan teknik latihan terbimbing berbantuan media foto pribadi pada siswa kelas X-4 SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan, masing-masing pertemuan terdapat tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis cerita pendek dengan teknik latihan terbimbing pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Cepiring dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa menulis cerita pendek, sedangkan nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif.Pada proses pembelajaran keterampilan menulis cerpen, guru juga melakukan perbaikan dari siklus ke siklus untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X-4 SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal menggunakan teknik latihan terbimbing berbantuan media foto pribadi tercipta situasi pembelajaran yang efektif, kondusif, dan intensif. Proses pembelajaran mengalami perubahaan ke arah yang lebih baik. Siswa menjadi lebih percaya diri dan dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menulis cerpen. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sebesar 68,54 termasuk dalam kategori cukup baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,60 termasuk dalam kategori baik. Dari pencapaian nilai dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan sebesar 12,06. Perubahan perilaku siswa dari siklus I ke siklus II mengalami perubahan ke arah positif. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil nontes pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa keterampilan menulis cerita pendek menggunakan menggunakan teknik latihan terbimbing berbantuan media foto pribadi pada siswa kelas X-4 SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas X-4 SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Untuk itu, saran kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan teknik latihan terbimbing berbantuan media foto pribadi dalam pembelajaran menulis cerita pendek karena terbukti meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerita pendek. Selain itu,bagi peneliti lain hendaknya melakukan penelitian lanjutan terkait keterampilan menulis cerita pendek dengan model, metode, teknik atau media pembelajaran lain yang lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis cerpen, teknik latihan terbimbing, media foto pribadi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2016 11:46
Last Modified: 13 Jan 2016 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22957

Actions (login required)

View Item View Item