FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TK. III BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG

Rafika Farianita , 6411411107 (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TK. III BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TK. III BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG) - Published Version
Download (2310Kb)

    Abstract

    Jaminan kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan. Salah satu pelayanan kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS adalah rumah sakit (fasilitas kesehatan tingkat lanjut). Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional, dilengkapi dengan kajian kualitatif. Sampel penelitian adalah pasien peserta BPJS yang berobat di instalasi rawat jalan sebanyak 96 pasien. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi prosedur pelayanan (pendaftaran) p= 0,004, persepsi pelayanan sumber daya manusia (tenaga kesehatan) p= 0,039, persepsi pelayanan obat p= 0,004, dan persepsi fasilitas p=0,011 dengan kepuasan peserta BPJS

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: BPJS, Jaminan Kesehatan, Kepuasan Pasien
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 13 Jan 2016 05:27
    Last Modified: 13 Jan 2016 05:27

    Actions (login required)

    View Item