PENGEMBANGAN GEOMIK (GEOGRAFI DALAM KOMIK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP UNTUK SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG TAHUN 2015


Budi Santoso , 3201411017 (2015) PENGEMBANGAN GEOMIK (GEOGRAFI DALAM KOMIK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP UNTUK SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GEOMIK (GEOGRAFI DALAM KOMIK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP UNTUK SISWA KELAS XI IPS  SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG TAHUN 2015]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN GEOMIK (GEOGRAFI DALAM KOMIK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP UNTUK SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG TAHUN 2015) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh ketiga aspek utama yaitu pendidik (guru), peserta didik (siswa), dan sumber belajar (materi). Saat ini yang sering menjadi masalah adalah belum terdapatnya keselarasan antara ketiga aspek dalam proses pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil observasi di sekolah ditemukan fakta bahwa guru kurang kreatif dan kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran di kelas. Guru hanya terpaku pada penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dan buku paket sehingga siswa menjadi malas mengikuti pembelajaran. Untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan untuk menumbuhkan minat baca siswa akan materi pelajaran geografi, peneliti berusaha mengembangkan media komik geografi (GEOMIK) dengan format buku komik ukuran A4. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik geografi materi lingkungan hidup untuk siswa kelas XI IPS SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D), tahapan penelitian R&D meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain oleh ahli, revisi desain, uji coba produk tahap 1, revisi produk tahap 1, uji coba produk tahap 2, revisi produk tahap 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS yang terdiri dari 4 kelas yaitu XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, dan XI IPS 4. Sementara yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas XI IPS 3 (sebagai kelas skala kecil) dan kelas XI IPS 4 (sebagai kelas skala besar). Variabel penelitian ini yaitu tingkat kelayakan media, tanggapan siswa terhadap media pembelajaran dan hasil belajar kognitif siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, daya pembeda soal, tingkat kesukaran, dan deskriptif persentase. Hasil validasi oleh pakar media menunjukkan bahwa media komik geografi (GEOMIK) materi lingkungan hidup sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase kelayakan 89,06%, validasi pakar materi menyatakan sangat layak dengan persentase kelayakan 78,12%, dan validasi oleh guru sebagai praktisi pembelajaran geografi menyatakan sangat layak dengan rata-rata persentase kelayakan 92,18%. Hasil tanggapan siswa sebagai pengguna media menilai bahwa media sangat menarik dengan persentase 83,24%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran komik geografi meningkat, sebelum menggunakan media rata-rata nilai siswa adalah 65,29 dan setelah menggunakan media, rata-rata nilai siswa sebesar 81,81. Simpulan penelitian ini adalah media komik geografi (GEOMIK) yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran geografi dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok lingkungan hidup untuk siswa kelas XI IPS. Saran yang dapat disampaikan adalah agar guru geografi mampu membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Media komik geografi (GEOMIK) perlu diterapkan sebagai salah satu media alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran geografi di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Komik Geografi, Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2016 10:28
Last Modified: 13 Jan 2016 10:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22952

Actions (login required)

View Item View Item