FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN PADA REMAJA (Studi Kasus pada Remaja di Kota Madiun)


Elisa Happy Amalia , 6411411196 (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN PADA REMAJA (Studi Kasus pada Remaja di Kota Madiun). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN PADA REMAJA  (Studi Kasus pada Remaja di Kota Madiun)]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN PADA REMAJA (Studi Kasus pada Remaja di Kota Madiun)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehamilan tidak diinginkan merupakan terminologi yang biasa dipakai untuk memberi istilah adanya kehamilan yang tidak dikehendaki oleh wanita yang bersangkutan. Salah satu faktor penyebab terjadinya kehamilan tidak diinginkan pada remaja adalah perilaku seksual remaja yang berisiko.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kehamilan tidak diinginkan pada remaja di Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah remaja yang mengalami kehamilan tidak diinginkan dan kasus tersebut terjadi antara tahun 2013-2015 dengan jumlah total subjek 4 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadinya kehamilan tidak diinginkan pada remaja adalah perilaku seksual berisiko, pengetahuan yang kurang tentang kesehatan reproduksi dan seksualitas, sikap remaja terhadap seksualitas yang permisif, akses media informasi tentang pornografi, sikap orang tua, dan perilaku teman dekat. Saran untuk orangtua yaitu lebih menjalin kedekatan dengan anak dengan cara mengajak anak untuk sharing atau berdiskusi tentang kegiatan sehari-hari maupun permasalah di sekolah serta meningkatkan pengawasan terhadap anak-anaknya yang menginjak usia remaja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: KTD, Remaja
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2016 13:24
Last Modified: 12 Jan 2016 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22947

Actions (login required)

View Item View Item