PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS FABEL YANG BERMUATAN KISAH TELADAN UPAYA MENUMBUHKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTs


Suprihatin, 2101411022 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS FABEL YANG BERMUATAN KISAH TELADAN UPAYA MENUMBUHKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTs. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR  TEKS FABEL YANG BERMUATAN KISAH TELADAN UPAYA MENUMBUHKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK  BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTs]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS FABEL YANG BERMUATAN KISAH TELADAN UPAYA MENUMBUHKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTs) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 memuat teks fabel sebagai kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Adanya kurikulum yang masih dianggap baru membuat pemerintah menyiapkan buku teks bagi peserta didik dan buku panduan bagi guru. Akan tetapi, materi yang ada belum memenuhi kebutuhan peserta didik sehingga dibutuhkan bahan ajar yang sesuai kebutuhan dan menambah pengetahuannya. Bahan ajar tersebut, harus disusun sesuai karakteristik Kurikulum 2013 yang mengintegrasikan nilai sikap dalam proses pembelajaran. Sama halnya, bahan ajar teks fabel ini akan bermuatan kisah teladan upaya menumbuhkan karakter. Pengembangan bahan ajar teks fabel ini pun disesuaikan dengan Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Dasar dan Menengah yang mengisyaratkan perlunya proses pembelajaran yang dipandu dengan kaidah-kaidah pendekatan saintifik/ilmiah. Begitu pula dengan bahan ajar teks fabel ini pun disusun dengan menerapkan pendekatan saintifik. Penelitian ini berusaha memecahkan beberapa masalah yang ada, di antaranya (1) bagaimana ketersediaan dan kondisi buku pendamping teks fabel yang ada, (2) bagaimana kebutuhan peserta didik dan guru terhadap bahan ajar teks fabel yang bermuatan kisah teladan, (3) bagaimana prototipe bahan ajar teks fabel, (4) bagaimana penilaian ahli (dosen dan guru) dan tanggapan peserta didik terhadap prototipe bahan ajar, dan (5) bagaimana perbaikan protipe bahan ajar teks fabel yang bermuatan kisah teladan upaya menumbuhkan karakter dengan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan ketersediaan dan kondisi bahan ajar teks fabel, (2) mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan guru terhadap bahan ajar teks fabel, (3) mendeskripsikan prototipe bahan ajar teks fabel, (4) mengetahui penilaian ahli (dosen dan guru) dan tanggapan peserta didik terhadap teks fabel, dan (5) menggambarkan perbaikan prototipe bahan ajar teks fabel yang bermuatan kisah teladan upaya menumbuhkan karakter dengan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahap, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk dan revisi, dan (5) penyempurnaan produk akhir. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik, guru, dan dosen ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk memperoleh data kebutuhan bahan ajar yang dibutuhkan peserta didik maupun guru kelas VIII SMP/MTs. Hasil penelitian menemukan beberapa hal, yaitu (1) analisis ketersediaan dan kondisi buku pendamping yang beredar dapat disimpulkan belum memadai, materi belum lengkap, penyajian buku dan tipografinya belum menarik sebab jarang yang dibuat full colour (tampilan berwarna), (2) analisis kebutuhan terhadap bahan ajar teks fabel, peserta didik dan guru membutuhkan materi ajar tersebut. Peserta didik dan guru berharap buku tersebut dibuat dengan tampilan warna yang menarik dan cerita teks fabelnya mampu menumbuhkan kejujuran bagi pembacanya, (3) penilaian hasil prototipe terhadap bahan ajar yang meliputi enam aspek: aspek materi/isi memperoleh nilai 78,87; aspek penyajian materi memperoleh nilai 86,80; aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh nilai 79,69; aspek grafika memperoleh nilai 94,79; aspek kisah teladan upaya menumbuhkan karakter jujur mendapat nilai 95,14; dan aspek komponen pendekatan saintifik memperoleh nilai 93,40. Keseluruhan aspek termasuk dalam kategori sangat baik, (4) perbaikan bahan ajar difokuskan ke aspek yang nilainya rendah dan mendapat sorotan yang lebih dari validator, yaitu aspek materi/isi, aspek bahasa dan keterbacaan, aspek grafika tentang kepaduan akan komposisi warnanya, dan aspek kisah teladan yang akan ditambah nilai-nilai karakter yang dicantumkan secara tersurat, (5) tanggapan peserta didik terhadap bahan ajar teks fabel, memberikan kesan yang positif karena sebagian besar berpendapat antara sangat setuju dan setuju terhadap bahan ajar yang sudah dibuat. Berdasarkan temuan penelitian di atas, peneliti merekomendasikan beberapa saran, yaitu (1) peserta didik, hendaknya mau menerima dan menggunakan bahan ajar teks fabel untuk menambah pengetahuannya, (2) guru, para guru bisa menggunakan bahan ajar ini untuk memperluas wawasan proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan saintifik, dan (3) peneliti lain, para peneliti supaya melanjutkan penelitian ini ke uji efektivitas bahan ajar teks fabel yang bermuatan kisah teladan upaya menumbuhkan karakter jujur dengan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas VIII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, teks fabel, kisah teladan, karakter, pendekatan saintifik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2016 10:33
Last Modified: 12 Jan 2016 10:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22933

Actions (login required)

View Item View Item