PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA AMAL SEMARANG


Beta Kumalasari , 1102404055 (2009) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA AMAL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA AMAL SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA AMAL SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan Kepala Sekolah menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam keberlangsungan dan perkembangan organisasi pendidikan. Mengingat era sentralisasi telah berubah menjadi era desentralisasi, memberi peluang besar kepada pemimpin untuk mengembangkan nilai-nilai kepemimpinannya. Pada era ini juga, berbagai tantangan datang silih berganti, sehingga memerlukan keteguhan sikap dan kecerdasan menangkap peluang dan merancang masa depan. Oleh karena itu dibutuhkan pemimpin yang memiliki komitmen kualitas dan selalu memperbaruinya. Di pihak lain, seorang guru dituntut untuk dapat memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pendidikan di lingkungan sekolah terutama dalam hal belajar. Oleh karena perannya yang krusial dalam pembelajaran dan pendidikan, maka Kepala Sekolah perlu untuk memotivasi mereka. Karena pada kenyataannya terdapat perbedaan kebutuhan yang ingin untuk dipenuhi dan perbedaan masalah yang ingin untuk diselesaikan, akan berdampak pada motivasi kerja guru sebagai pengajar dan pendidik. Dengan mempraktekan kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah akan dapat meningkatkan motivasi kerja guru. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah pengaruh kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap motivasi kerja guru di SDIT Bina Amal Semarang dan (2) seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap motivasi kerja guru di SDIT Bina Amal Semarang. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru SDIT Bina Amal Semarang. Sampel penelitian adalah guru SD Islam Terpadu Bina Amal Semarang sejumlah 45 orang yang terdiri dari 22 guru mata pelajaran, 14 guru wali dan 9 guru qiro'ati. Variabel penelitian meliputi variabel bebas kepemimpinan transformasional (X) dan variabel terikat motivasi kerja (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: angket (untuk memperoleh data tentang pengaruh kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap motivasi kerja guru) dan dokumentasi (untuk melengkapi data penelitian). Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase, analisis regresi sederhana dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala SDlT Bina Amal Semarang telah mempraktekkan kepemimpinan transformasional, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis deskriptif kepemimpinan transformasional sebesar 73,60% dengan kriteria baik. Adapun guru di SDIT Bina Amal Semarang memiliki tingkat motivasi kerja sebesar 83,00% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan analisis regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = 25,236 + 0,566 X, besarnya koefisiensi korelasi adalah 0,6463 dengan koefisien determinan sebesar 41,80%. Sedangkan untuk taraf signifikansi pada (α) = 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n – 2 = 43 diperoleh thitung = 5,554 > ttabel = 2,02 maka dapat disimpulkan bahwa koefisiensi korelasi tersebut signifikan dan menunjukkan bukti bahwa kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah berpengaruh positif terhadap motivasi kerja guru. Dengan berkaca pada hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan yaitu bagi guru yang memiliki motivasi kerja tinggi bahkan sangat tinggi hendaknya mampu mempertahankan grafik motivasi kerjanya agar tidak menurun dan mampu meningkatkan kinerjanya serta bersedia menularkan energi tersebut pada guru serta komunitas sekolah secara keseluruhan sehingga dapat membawa kemajuan bagi lembaga sekolahnya. Kepala Sekolah perlu untuk mengintensifkan perilaku kepemimpinan transformasional guna memicu motivasi kerja guru dengan memberikan teladan yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 04:03
Last Modified: 25 Apr 2015 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item View Item