KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII MATERI PELUANG


Jati Wulan Kitri , 4101408168 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII MATERI PELUANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP  KELAS VII   MATERI  PELUANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII MATERI PELUANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah perlu dibangun sendiri oleh siswa melalui keterlibatan aktif dalam belajar dan interaksi dengan guru atau siswa lain. Model pembelajaran ARIAS merupakan modifikasi dari model pembelajaran ARCS yang terdiri dari lima komponen yaitu Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction yang disusun berdasarkan teori belajar. Dengan pengajaran model pembelajaran ARIAS berbantuan CD Interaktif siswa diberi kesempatan untuk membangun sendiri pengetahuannya secara personal maupun social. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran ARIAS berbantuan CD Interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Peluang Kelas VII. Keefektifan tersebut dijabarkan dalam rumusan: (1) siswa yang dikenai pembelajaran dengan pendekatan ARIAS berbantuan CD Interaktif mencapai ketuntasan belajar pada aspek pemecahan masalah; dan (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai pembelajaran pendekatan ARIAS berbantuan CD Interaktif lebih tinggi dibanding kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai pembelajaran model ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini diambil secara klaster random sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Terpilih kelas VII-C sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran ARIAS berbantuan CD Interaktif, kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran ekspositori dan kelas VIII-D sebagai kelas uji coba. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes yang dianalisis dengan menggunakan uji proporsi dan uji perbedaan dua rata-rata untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang dikenai pembelajaran dengan pendekatan ARIAS berbantuan CD interaktif mencapai ketuntasan belajar pada aspek pemecahan masalah (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai pembelajaran dengan pendekatan ARIAS berbantuan CD Interaktif lebih tinggi dibanding kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai pembelajaran model ekspositori. Simpulan yang diperoleh yaitu pendekatan pembelajaran ARIAS berbantuan CD Interaktif efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Peluang Kelas VII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran ARIAS, CD Interaktif, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2016 12:15
Last Modified: 11 Jan 2016 12:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22925

Actions (login required)

View Item View Item