PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP
Amalia Puspita Rengganis , 4201411098 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Fisika merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sains, dengan demikian fisika juga merupakan sebuah produk dan proses. Diperlukan pembelajaran yang dapat membawa siswa kepada pengalaman yang lebih nyata, yaitu dengan memecahkan masalah melalui sebuah proses ilmiah untuk menghasilkan sebuah produk berupa konsep. Salah satunya yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan nilai peningkatan penguasaan konsep materi getaran dan gelombang dan keterampilan proses sains melalui model pembelajaran PBL Berbasis Inkuiri serta menentukan keefektifan model pembelajaran PBL Berbasis Inkuiri dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa SMP pada materi getaran dan gelombang. Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Semarang ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain control group pretest posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pembelajaran PBL Berbasis Inkuiri diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan pembelajaran Direct Instruction (DI) diterapkan pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur penguasaan konsep dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains. Analisis data akhir berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji gain. Uji-t digunakan untuk menentukan signifikansi perbedaan nilai rata-rata penguasaan konsep antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan uji gain digunakan untuk mengetahui peningkatan data hasil penguasaan konsep dan hasil observasi baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan peningkatan penguasaan konsep pada kelas eksperimen pada kriteria sedang dengan faktor gain 0,58 dan kelas kontrol pada kriteria sedang dengan faktor gain 0,41, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains pada kelas eksperimen pada kriteria sedang dengan faktor gain 0,35 dan pada kelas kontrol pada kriteria rendah dengan faktor gain 0,25. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa nilai faktor gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai faktor gain kelas kontrol dalam hal meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains. Dengandemikian penerapan model pembelajaran PBL Berbasis Inkuiri lebih efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan model pembelajaran DI pada materi getaran dan gelombang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, inkuiri, penguasaan konsep, keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 23382 not found. |
Date Deposited: | 11 Jan 2016 10:33 |
Last Modified: | 11 Jan 2016 10:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22912 |
Actions (login required)
View Item |