PEMBELAJARAN GITAR ELEKTRIK DI LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG

Yofi Sulistiyo , 2501404098 (2009) PEMBELAJARAN GITAR ELEKTRIK DI LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN GITAR ELEKTRIK DI LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG) - Published Version
Download (1065Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran karena setidaknya dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk bekal kelak sebagai tenaga pendidik dalam banyak hal yang berkaitan tentang pembelajaran dengan tujuan mengembangkan pengetahuan anak didik agar terjadi perubahan sehingga nantinya dapat berguna bagi nusa dan bangsa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran gitar elektrik di Lily’s Music School Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran gitar elektrik di Lily’s Music School Semarang. Manfaat penelitian ini adalah manfaat teoritis: (a) Dapat dijadikan referensi pada penelitian berikutnya (b) Sebagai sumbang pemikiran bagi UNNES khususnya mahasiswa jurusan seni musik. Manfaat praktis: (a) Dapat dijadikan informasi kepada pengajar gitar elektrik (b) Sebagai masukan kepada Lily’s Music School guna meningkatkan pembelajaran gitar elektrik di Lily’s Muisc School Semarang (c) Sebagai informasi kepada mahasiswa guna menambah kekayaan khasanah perbendaharaan kepustakaan tentang pembelajaran gitar elektrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran gitar elektrik di Lily’s music school terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap awal mengenai perencanaan pembelajaran, tahap isi mengenai pelaksanaan pembelajaran, tahap akhir mengenai evaluasi pembelajaran, dengan melibatkan segenap komponen pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, guru, peserta didik, kurikulum, materi, sarana dan prasarana, metode dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran gitar elektrik di Lily’s Music School adalah metode ceramah, metode drill, metode demonstrasi, metode tanya jawab dan metode resitasi (penugasan). Materi pembelajaran gitar elektrik di Lily’s Music School dibagi menjadi tiga tingkatan (grade). Sedangkan evaluasinya diadakan setiap delapan bulan sekali. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran agar dalam penyusunan kurikulum dan materi perlu ditambahi, karena ada beberapa materi yang belum masuk dalam kurikulum, antara lain: teknik sweep, tapping, selain itu juga harus sering diadakan konser atau pentas rutin agar mental siswa terlatih di atas panggung sehingga siswa dapat mengembangkan potensi musiknya, dan juga sebagai promosi Lily’s music school kepada masyarakat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pembelajaran, gitar
    Subjects: L Education > L Education (General)
    M Music and Books on Music > M Music
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 08 May 2011 23:52
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:45

    Actions (login required)

    View Item