PENGARUH STRATEGI MAKE – A MATCH DALAM MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP


Neni Priyanti , 4201411030 (2015) PENGARUH STRATEGI MAKE – A MATCH DALAM MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411030.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi Make – A Match dalam model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP dan menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam proses pembelajaran karena merupakan kegiatan penalaran yang reflektif dan kreatif untuk memecahkan sebuah masalah. Model PBL dipandang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan masalah dunia nyata. Strategi Make A Match sebagai refleksi diakhir pembelajaran dimana siswa dituntut untuk berkemampuan berpikir kritis dalam mencari pasangan kartu yang dimilikinya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes yang dianalisis dengan menggunakan uji t dan korelasi biseral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan strategi Make A Match dalam model pembelajaran PBL dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritisnya dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yaitu kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Make A Match, PBL, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:50
Last Modified: 07 Jan 2016 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22891

Actions (login required)

View Item View Item