IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN PERFORMANCE SISWA


Riza Ariyani Nur Khasanah , 4201411029 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN PERFORMANCE SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411029.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar fisika dan kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam belajar menuntut perlunya perbaikan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model Project Based Learning (PjBL) berbantuan LKS dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika materi fluida dinamik dan performance siswa. Performance tersebut meliputi performance of group work, performance of collecting data dan performance of oral presentation. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pecangaan. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas diberi treatment yang berbeda, yaitu kelas ekseprimen diajar dengan model PjBL berbantuan LKS dan kelas kontrol diajar dengan model Discovery. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian, lembar observasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah uji gain, uji t dan analisis deskriptif. Hasil uji gain pretest-posttest menunjukkan adanya peningkatan rata-rata penguasaan konsep pada kelas eksperimen sebesar 〈 〉 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 〈 〉 dengan katagori sedang. Ketuntasan kelas eksperimen sebesar 78,79% dan kelas kontrol sebesar 55,88%. Hasil uji t pihak kanan menunjukkan bahwa ( ) ( ) pada taraf signifikasi 5%, artinya penguasaan konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji t pihak kiri menunjukkan bahwa ( ) ( ), artinya, penguasaan konsep kelas eksperimen lebih besar atau sama dengan KKM. Hasil uji gain performance of group work menunjukkan bahwa 〈 〉 dengan kategori sedang pada kelas eksperimen dan 〈 〉 dengan katagori rendah pada kelas kontrol. Hasil uji gain performance of oral presentation menunjukkan bahwa 〈 〉 dengan katagori sedang pada kelas eksperimen dan 〈 〉 dengan katagori rendah pada kelas kontrol. Performance of collecting data kelas eksperimen menunjukkan rata-rata yang lebih baik dari kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi model Project Based Learning (PjBL) berbantuan LKS dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika materi fluida dinamik dan performance siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, LKS, Penguasaan Konsep dan Performance
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:40
Last Modified: 07 Jan 2016 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22890

Actions (login required)

View Item View Item