PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DIPADUKAN DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Amelia Dewi , 4201411021 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DIPADUKAN DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2660Kb)

    Abstract

    Salah satu tujuan pembelajaran fisika di sekolah yaitu sebagai wahana untuk menumbuhkan kemampuan berpikir yang berguna untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini perlu adanya model pembelajaran yang diterapkan agar siswa mampu berpikir kritis. Selama pembelajaran siswa dituntut untuk aktif agar kemampuan berpikir kritis dapat berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik model pembelajaran think pair share dipadukan dengan problem based learning dan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran think pair share dipadukan dengan problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan tujuan tersebut sampel penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Comal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain one group pre-test and post-test design. Instrumen penelitiannya adalah soal tes tertulis dan perangkat pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil pre-test dan post-test mengalami peningkatan. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test satu sampel diperoleh thitung sebesar 10,16 dan ttabel sebesar 1,671. Hasil uji t-test menunjukkan thitung ttabel. Perhitungan uji gain dari hasil pre-test dan post-test diperoleh peningkatan (g) sebesar 0,50. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa karakteristik pembelajaran think pair share dipadukan dengan problem based learning adalah belajar dimulai dengan permasalahan agar merangsang siswa untuk berpikir, permasalahan berupa kontekstual, berpasangan untuk bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan, menghasilkan produk, mempresentasikan hasil produk. Jadi, model pembelajaran think pair share dipadukan dengan problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: think pair share, problem based learning, berpikir kritis
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 07 Jan 2016 07:48
    Last Modified: 07 Jan 2016 07:48

    Actions (login required)

    View Item