ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMP DAN PENERAPANNYA DI LINGKUNGAN SEKITAR


Irma Hadiwiyanti , 4201411002 (2015) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMP DAN PENERAPANNYA DI LINGKUNGAN SEKITAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411002).pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajara fisika diajarkan untuk tujuan khusus yaitu membekali peserta didik dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai gejala alam. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa tingkat penguasaan konsep fisika siswa di negara kita masih rendah. Seringkali siswa mendapat pengalaman sains dalam kehidupan sehari-hari tapi tidak menyadari bahwa pengalaman tersebut berhubungan dengan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapakah persentase siswa yang memahami konsep fisika juga memahami penerapannya di lingkungan sekitar, faktorfaktor yang mempengaruhi belajar dan bagaimana kemampuan siswa dalam mengerjakan soal analisis. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP N 19 Tegal tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 256 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas yang memiliki nilai rata-rata hasil belajar IPA tinggi diperoleh kelas VIII D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan wawancara. Tes terdiri dari tes uraian pemahaman konsep dan penerapannya di lingkungan dan tes uraian analisis untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis peristiwa sehari-hari berdasarkan pengetahuan fisika. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Dalam penelitian ini, dianalisis kemampuan siswa dalam memahami konsep fisika dan penerapannya di lingkungan sekitar yaitu dengan mengelompokkan siswa dalam tiga ketegori, selanjutnya dianalisis berdasarkan materi dan indikator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang memahami konsep fisika juga memahami penerapannya di lingkungan sekitar sebesar 33.33%, dan masih dikatakan rendah. Pemahaman konsep siswa berdasarkan materi yang tertinggi yaitu pada tekanan hidrostatis dan terendah pada hukum Archimedes. Penerapan fluida statis di lingkungan sekitar siswa yang tertinggi adalah pada tekanan hidrostatis dan terendah pada hukum paskal. Pemahaman konsep siswa yang tertinggi yaitu pada kategori 1 (menginterpretasikan) dan terendah pada kategori 4 (menjelaskan). Penerapan di lingkungan siswa yang tertinggi yaitu pada kategori 1 (menginfersi) dan terendah pada kategori 4 (menjelaskan). Dari hasil penelitian juga diketahui faktorfaktor yang mempengaruhi belajar siswa, yaitu faktor internal yang terdiri dari minat sebesar 91,1 % dan motivasi sebesar 90 % dan faktor eksternal yaitu keluarga sebesar 80%, sarana dan prasarana sebesar 75% dan lingkungan masyarakat sebesar 75%. Disamping itu diketahui kemampuan menganalisis siswa masih rendah, yaitu hanya sebanyak 18,3 % siswa yang dapat menganalisis peristiwa dalam kehidupan seharihari berdasarkan fisika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang memahami konsep dan memahami penerapannya di lingkungan sekitar tergolong masih rendah, dan kemampuan mengerjakan soal analisis siswa juga tergolong masih rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Penerapan Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:39
Last Modified: 07 Jan 2016 12:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22888

Actions (login required)

View Item View Item