PENGEMBANGAN MODUL LARUTAN PENYANGGA BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) KELAS XI SMA/MA


Ita Masithoh Wikhdah, 4301411112 (2015) PENGEMBANGAN MODUL LARUTAN PENYANGGA BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) KELAS XI SMA/MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411112.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan tanggapan siswa dan guru terhadap modul larutan penyangga berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) yang dikembangkan, hal ini berdasarkan kekurangsesuaian bahan ajar yang dipakai di MAN Magelang dengan kondisi siswa yang lebih dari 50% tidak melanjutkan pendidikan perguruan tinggi. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development. Desain ini menggunakan desain yang diadaptasi dari model pengembangan pengajaran yang didesain Sugiyono yang termodifikasi. Penelitian ini bermanfaat sebagaireferensi dalam pembelajaran kimia yang mampu menumbuhkan minat wirausaha dan meningkatkan pemahaman konsep siswa.Subjek penelitian ini yaitu siswakelas XI MAN Magelang. Uji coba skala kecil dilakukan pada kelas XI IPA 3 sebanyak 10 siswa dan uji coba skala besar dilakukan pada kelas XI IPA 1 sebanyak 23 siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentuan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa modul memperoleh rerata skor validasi sebesar 3,24 sehingga dinyatakan valid atau layak, modul dinyatakan efektif karena penumbuhan minat wirausaha siswa dalam kriteria tinggi dengan skor 3,07 dan peningkatan pemahaman konsep siswa sebesar 0,65 dalam kriteria sedang. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa modul dinyatakan mendapat respon baik dari penggunanya.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa modul larutan penyangga berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) dinyatakan valid, efektif, dan dapat diterima dengan baik oleh pengguna sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa yang mampu meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan minat wirausaha siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chemoentrepreneurship (CEP), Modul Larutan Penyangga, dan Pengembangan; buffer solution module, chemoentrepreneurship (CEP), development
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:57
Last Modified: 07 Jan 2016 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22887

Actions (login required)

View Item View Item