PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN PRODUK POSTER BERGAMBAR UNTUK SISWA SMA


Ahmad Rifai, 4301411097 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN PRODUK POSTER BERGAMBAR UNTUK SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411097.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian research and development (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis discovery learning yang layak, efektif, serta mendapat tanggapan positif dari siswa dengan produk poster bergambar. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE meliputi tahapan analyisis, design, develop, implementation, dan evaluation. Pengambilan data dilakukan dengan lembar observasi, lembar validasi, angket, tes, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi produk pengembangan bahan ajar untuk aspek penyajian, aspek bahasa, aspek kepraktisan dan aspek materi berturut-turut mendapat rerata skor 42,5 (52), 37 (52), 16,5 (20), dan 39,25 (48). Keefektifan bahan ajar ditinjau dari ketuntasan hasil post-test sebesar 81,48%. Respon positif ditunjukkan siswa terhadap bahan ajar dengan 32 siswa menyatakan bahan ajar sangat baik dan 18 siswa menyatakan bahan ajar baik. Hasil poster menunjukkan 4 siswa termasuk sangat kreatif, 27 siswa kreatif, 12 tidak kreatif, dan 7 siswa sangat tidak keatif. Berdasarkan data yang telah dihimpun dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak, efektif, mendapat respon positif, dan mampu menunjukkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Discovey Learning; Poster Bergambar; R&D.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:56
Last Modified: 07 Jan 2016 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22883

Actions (login required)

View Item View Item