PENGEMBANGAN MEDIA FLASH BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Indah Triana Aprillia, 4301411076 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411076.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang betujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media flash, mengetahui hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada materi larutan penyangga. Berdasarkan hasil observasi di MAN 2 Kudus data nilai hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelas adalah 73 dengan hasil ketuntasan belajar dalam satu kelas ada 22 siswa dari 39 siswa dan siswa kurang ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu siswa adalah media pembelajaran flash berbasis inkuiri. Penelitian dilakukan di dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas uji coba skala kecil dan kelas XI IPA II sebagai kelas uji coba skala. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test- pos-test design. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre-test sebelum diberi perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran, dan diakhiri dengan pos-test. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas, dan terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji N-gain. Pada uji coba skala kecil didapatkan hasil nilai rata-rata pre test yaitu 44,78 dan nilai rata-rata pos test yaitu 85,28 sehingga diperoleh nilai gain sebesar 0,72, dan ketuntasan belajar sebesar 100%, serta uji signifikansi didapatkan hasil thitung>ttabel yaitu thitung sebesar 2,12 dari harga ttabel sebesar 1,771. Nilai rata-rata pre test yaitu 40,05 dan nilai rata-rata post test yaitu 83,2 sehingga diperoleh nilai gain sebesar 0,71 dan ketuntasan belajar sebesar 87,5% dan uji signifikansi didapatkan hasil thitung>ttabel yaitu thitung sebesar 1,73 dari harga ttabel sebesar 1,685. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media flash berbasis pembelajaran inkuiri efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; inkuiri; media flash.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:57
Last Modified: 07 Jan 2016 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22882

Actions (login required)

View Item View Item