PENERAPAN PERMAINAN ESTAFET KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI PADA SISWA KELAS IV SD N 2 CIPAKU KEC. MREBET KAB. PURBALINGGA


Prihatin Nurul Ariefah, 6102411017 (2015) PENERAPAN PERMAINAN ESTAFET KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI PADA SISWA KELAS IV SD N 2 CIPAKU KEC. MREBET KAB. PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5401410115.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian tindakan kelas ini adalah kurangnya antusias siswa terhadap pembelajaran lari, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar lari pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Cipaku. Dibutuhkan adanya pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran lari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan permainan estafet kata dapat meningkatkan hasil belajar lari pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Cipaku Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar lari pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Cipaku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus berlangsung selama 1 kali pertemuan pembelajaran. Setiap siklusnya terdiri dari 4 langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Cipaku yang berjumlah 24 siswa dengan komposisi 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 75% dengan rincian aspek psikomotor 75%, aspek afektif 70,83%, aspek kognitif 37,5% dan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 79,78 dan jumlah siswa yang tuntas adalah 18 siswa. Pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 87,5% dengan rincian aspek psikomotor 95,83%, aspek afektif 79,17%, aspek kognitif 91,67% dan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85,62 dan jumlah siswa yang tuntas adalah 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disimpulakan bahwa penerapan permainan estafet kata dapat meningkatkan hasil belajar lari pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Cipaku. Saran bagi guru adalah agar lebih inovatif dan variatif dalam mengembangkan model pembelajaran agar siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes sehingga tujuan dari pembelajaran dapat dicapai sesuai harapan. 3 iii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Estafet Kata, Hasil Belajar, Lari
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 23 Dec 2015 13:55
Last Modified: 23 Dec 2015 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22881

Actions (login required)

View Item View Item