PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PRAKTIKUM SEDERHANA


Siti Nuriyanah , 4201410105 (2015) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PRAKTIKUM SEDERHANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201410105.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan praktikum sederhana merupakan pembelajaran yang membuat siswa menjadi terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta melakukan proses perilaku kreatif. Pelaksanaan praktikum selama proses pembelajaran mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui praktikum sederhana. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui praktikum sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental design. Instrument penelitian berupa soal pre-test, soal post-test, dan angket berpikir kreatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X MIPA SMA PONDOK MODERN SELAMAT KENDAL dan diambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIPA I sebagai kelas eksperimen dan X MIPA II sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan praktikum sederhana dan kelas kontrol dengan metode ceramah. Analisis data yang digunakan meliputi analisis instrumen dan analisis akhir berupa uji t dua pihak dan satu pihak, dan uji gain. Hasil penilaian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil uji gain menunjukkan perkembangan positif pada kelas eksperimen yaitu meningkat dengan kategori sedang. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa pada akhir penelitian diperoleh 47 % siswa sangat kreatif dan 53 % siswa kreatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pembelajaran dengan praktikum sederhana dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Indikator yang mulai berkembang dalam penelitian ini adalah berpikir lancar, berpikir luwes, dan berpikir terperinci. Indikator berpikir orisinil berkembang secara optimal dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Praktikum Sederhana, Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:51
Last Modified: 07 Jan 2016 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22874

Actions (login required)

View Item View Item