PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN KOMIK SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA
Muh. Syukri Ahsani , 4201409034 (2015) PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN KOMIK SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Menurunnya skor prestasi sains siswa di Indonesia dari data TIMSS 2011 dan kemorosotan moral bangsa menuntut terjadinya perubahan dalam dunia pendidikan. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan suatu inovasi dalam proses pembelajaran. Komponen yang penting dalam proses pembelajaran adalah metode pembelajaran dan media pembelajaran yang baik dan inovatif, yang di dalamnya dapat diintegrasikan pendidikan karakter. Komik merupakan media yang menarik dan sesuai dengan karateristik siswa SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan karakter siswa melalui metode pembelajaran inkuiri berbantuan komik sains. Bahan ajar merupakan media yang digunakan untuk menjelaskan materi kepada siswa. Komik sains adalah komik yang terdiri dari rangkaian cerita bergambar yang menceritakan tentang fenomena sains. Inkuiri merupakan proses penemuan sendiri secara sistematis dan logis. Pembelajaran inkuiri dengan bantuan komik bertujuan agar siswa dapat lebih memahami materi serta mencontoh karakter dalam komik. Karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran ini adalah religius, disiplin, kreatif, rasa ingin tahu, dan peduli lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-Experimental dengan bentuk one-Group Pretest-Posttest Design. Komik sains yang telah diuji kelayakan dan keterbacaan dalam penelitian terdahulu digunakan sebagai bahan ajar penelitian. Data karakter siswa diperoleh dari angket pre-test dan post-test. Data penguasaan materi diperoleh dari pre-test dan post-test. Hasil penelitian didapatkan perangkat pembelajaran inkuiri dengan bahan ajar komik sains. Hasil uji gain menunjukkan bahwa aspek karakter religius, kreatif, dan rasa ingin tahu mengalami peningkatan kriteria sedang. Aspek karakter disiplin dan peduli lingkungan mengalami peningkatan kriteria rendah. Analisis hasil belajar kognitif menunjukkan peningkatan kriteria sedang, sedangkan hasil belajar psikomotorik menunjukkan peningkatan kriteria rendah. Proses peningkatan karakter pada siswa akan lebih baik lagi apabila dilakukan secara sinergi oleh guru di kelas, lingkungan sekolah, dan orang tua di rumah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inkuiri, komik sains, pendidikan karakter |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 23382 not found. |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 12:41 |
Last Modified: | 07 Jan 2016 12:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22867 |
Actions (login required)
View Item |