EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII


Irsyam Farih Alfian , 4201408068 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401409035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal dan wawancara di SMP Negeri 03 Bodeh Pemalang diperoleh data hasil ulangan harian belajar siswa materi sifat zat dan perubahanya memiliki presentasi ketuntasan sebesar 46% dimana metode pembelajaran yang digunakan oleh guru lebih menekankan pada teknik/metode ceramah. Problem Based Learning dengan bantuan media audio visual sebagai alternatif pembelajaran yang dapat memberikan ilmu dan pengalaman siswa untuk bekerja secara mandiri dalam membangun pengetahuan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 03 Bodeh Pemalang pada pokok bahasan perubahan wujud zat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan media audio visual. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII B sebagai eksperimen dan kelas VII C sebagai kontrol. Kelas eksperimen diberi model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audio visual, sedangkan kelas kontrol diberi metode PBL dengan diskusi. Hasil analisis pada kelas eksperimen didapat nilai rata-rata pre test 46,58 dan post test 78,03 sehingga didapat nilai uji gain sebesar 0,59. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pre test 46,84 dan post test 68,68 sehingga didapat nilai uji gain sebesar 0,41. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Audio visual efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPA pokok bahasan perubahan wujud zat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Problem Based Learning, Audio Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:40
Last Modified: 07 Jan 2016 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22866

Actions (login required)

View Item View Item