EFEKTIVITAS PEMBELAJARANKONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X

Akhmad Nurul Mu’min , Akhmad Nurul Mu’min (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARANKONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2465Kb)

    Abstract

    Kurikulum 2004 menuntut guru untuk kreatif dalm mengembangkan materi dengan salah satunya menggunakan media pembelajaran dengan dikaitkan dunia nyata. Falvo (2008) pendekatan kontekstual berbantuan media simulasi membantu siswa memahami apa yang dipelajari mereka bukan hanya dibenak mereka saja. Hasil observasi awal di SMA 1 Salem Brebes proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan fasilitas komputer/internet tidak dimanfaatkan. Kurangnya pembelajaran yang mengaitkan fisika dengan kehidupan sehari – hari berdampak pada kurangnya pemahaman konsep yang hanya mencapai ketuntasan belajar 43%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas X SMA 1 Salem pada pokok bahasan Gerak Melingkar Beraturan melalui penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media simulasi virtual. Metode penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian seluruh siswa kelas X SMA 1 Salem, kelas X.1 sampai X.6 dan sampel dipilih mengunakan teknik pupossive sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.5 sebagai eksperimen menggunakan Pendekatan Kontekstual berbantuan media simulasi dan kelas X.2 sebagai kontrol menggunakan model pembelajaran kontekstual saja. Berdasarkan hasil analisis normalitas dan homogenitas data hasil belajar, kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama, pada uji t kelas eksperimen thitung = 3,68, kelas kontrol thitung = -1,94 dari ttabel = 1,96 yang berarti ada perbedaan yang cukup signifikan. Uji gain pada kelas eksperimen memperoleh <g> sebesar 0,55 kelas kontrol sebesar 0,38. Angket minat belajar siswa, kelas eksperimen memperoleh rata – rata 82,59%, kelas kontrol 62,04%. Kesimpulan penelitian ini pendekatan kontekstual pokok bahasan GMB lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep materi gerak melingkar beraturan dan minat belajar siswa dibanding tanpa media simulasi virtual.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual, Simulasi Virtual, Pemahaman Konsep, Minat Belajar.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 07 Jan 2016 07:40
    Last Modified: 07 Jan 2016 07:40

    Actions (login required)

    View Item