PENGARUH PENAMBAHAN BIOADITIF MINYAK TERPENTIN SEBAGAI CAMPURAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR


Mc Thooriqul Muntaha, 5201410051 (2015) PENGARUH PENAMBAHAN BIOADITIF MINYAK TERPENTIN SEBAGAI CAMPURAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENAMBAHAN BIOADITIF MINYAK TERPENTIN SEBAGAI CAMPURAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN  BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR]
Preview
PDF (PENGARUH PENAMBAHAN BIOADITIF MINYAK TERPENTIN SEBAGAI CAMPURAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor sebelum dan asesudah dilakukan penambahan zat adiktif minyak terpentin ke dalam bahan bakar premium. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bantuan alat uji emisi (Stargas 898) untuk mengukur nilai dari emisi gas buang kendaraan bermotor, seperti: kadar CO, kadar CO 2 , kadar HC dan kadar O . Burret dan stopwatch untuk mengukur jumlah konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar emisi gas buang adalah sebagai berikut: kadar terendah CO didapat dari campuran PMT 23,07 yaitu sebesar 2,071 %vol pada 1500-2500 rpm. Kadar tinggi CO didapat dari campuran PMT 0 yaitu sebesar 9,14 %vol pada 1500-2500 rpm. Kadar terendah HC didapat dari campuran PMT 16,66 yaitu sebesar 191 ppm pada 1500-2500 rpm. Kadar tertinggi O 2 2 didapat dari campuran PMT 9,09 yaitu sebesar 6,20 %vol pada 15002500 rpm dan konsumsi bahan bakar terendah didapat dari campuran PMT 16,66 yaitu sebesar 2,67 ml/menit pada 1500-2500 rpm. Sedangkan nilai ambang batas dari pemerintah adalah 4,5% kadar CO, kadar HC adalah 2000 ppm untuk sepeda motor 4 langkah ≥2010, jadi hasil penelitian ini masih baik karena di bawah nilai ambang batas berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006. Saran dari penulis untuk penelitian yang akan melakukan penelitian sejenis atau pengembangan terhadap rancangan ini, disarankan untuk dapat melakukan modifikasi pada jenis zat adiktif dan jumlah zat adiktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minyak Terpentin, Emisi, Konsumsi Bahan Bakar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 33463 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:17
Last Modified: 12 Jan 2016 11:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22862

Actions (login required)

View Item View Item