ANALISIS PENGGUNAAN F1-Z TURBO VENTILATOR DAN HKS POWER KOMPRESSOR TERHADAP PERFORMA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 4 SILINDER

Ali Sofyan Nur Iman , 5201410046 (2015) ANALISIS PENGGUNAAN F1-Z TURBO VENTILATOR DAN HKS POWER KOMPRESSOR TERHADAP PERFORMA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 4 SILINDER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENGGUNAAN F1-Z TURBO VENTILATOR DAN HKS POWER KOMPRESSOR TERHADAP PERFORMA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 4 SILINDER )
Download (3034Kb)

    Abstract

    Krisis energi dewasa ini mengakibatkan pola pikir manusia untuk mencari suatu alat penghemat bahan bakar sekaligus dapat meningkatkan performa kendaraan. Salah satu alat yang dirancang dan diklaim dapat menghemat bahan bakar sekaligus dapat meningkatkan performa kendaraan yaitu F1-Z Turbo Ventilator dan HKS Power Kompressor. Untuk itu dilakukan penelitian dengan menambahkan F1-Z Turbo Ventilator dan HKS Power Kompressor yang merupakan salah satu alat dimana dapat memberikan efek peningkatan aliran udara masuk ke dalam silinder, sehingga dapat menyempurnakan pembakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaaan F1-Z Turbo Ventilator dan pengaruh penggunaan HKS Power Kompressor terhadap daya dan torsi, serta pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar spesifik pada mesin bensin 4 langkah 1597 cc. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan variabel bebas yaitu penggunaan F1-Z Turbo Ventilator dan HKS Power Kompressor dan Variabel Terikat yaitu daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan F1-Z Turbo Ventilator dan penggunaan HKS Power Kompressor pada berbagai putaran mesin dari 2000– 6000 rpm daya dan torsi yang dihasilkan tidak melebihi atau cenderung di bawah daya dan torsi yang dihasilkan mobil dengan sistem pemasukan udara standar. Penggunaan F1-Z Turbo Ventilator dan HKS Power Kompressor justru menghalangi laju udara masuk ke dalam silinder. Memberi dampak massa udara yang terhisap masuk ke dalam silinder semakin berkurang, akibatnya pembakaran menjadi kurang sempurna. Begitu juga dengan konsumsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan tidak menunjukkan penurunan yang berarti, karena sistem penyemprotan bahan bakar oleh injektor sudah diatur ECU dari masing-masing putaran mesin dan beban kendaraan. Simpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan F1-Z Turbo Ventilator tidak memberikan pengaruh meningkatnya daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada kendaraan. Begitu juga penggunaan HKS Power Kompressor juga tidak memberikan pengaruh meningkatnya daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada kendaraan. Untuk meningkatkan performa mesin yang lebih baik, sebaiknya digunakan alat induksi udara yang lebih kuat bisa berupa turbo charger atau turbo elektrik serta perlu dilakukan penelitian terhadap emisi gas buang yang dihasilkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: F1-Z Turbo Ventilator, HKS Power Kompressor, Daya, Torsi, Konsumsi Bahan Bakar Spesifik.
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
    Depositing User: kharismaa perpustakaan unnes
    Date Deposited: 07 Jan 2016 07:46
    Last Modified: 07 Jan 2016 07:46

    Actions (login required)

    View Item