PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN TAWANGMAS 01 KOTA SEMARANG


LYA MARLIANA, 1401411068 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN TAWANGMAS 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN TAWANGMAS 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN TAWANGMAS 01 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan adalah pendidikan yang memberikan pemahaman dasar tentang pemerintahan, tata cara demokrasi, tentang kepedulian, sikap, pengetahuan politk yang mampu mengambil keputusan politik secra rasional, sehingga dapat mempersiapkan warga negara yang demokratis dan partisipasif melalui suatu pendidikan yang berorientasi pada pengembangan berpikir kritis dan bertindak demokratis. Berdasarkan observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran PKn di kelas IVB SDN Tawangmas 01 Kota Semarang menunjukkan beberapa permasalahan yang mempengaruhi kualitas pembelajaran yang rendah, yaitu guru kurang menerapkan model pembelajaran yang mendorong motivasi dan keaktifan siswa, guru kurang menggunakan media pembelajaran yang menarik, kurang interaksi antar siswa dan hasil belajar siswa yang rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan model Student Teams Achievement Division dengan media audio visual dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Model Student Teams Achievement Division dengan media audio visual pada siswa kelas IVB SDN Tawangmas 01 Kota Semarang? Tujuan penelitian adalah Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Student Teams Achievement Division dengan media audio visual pada siswa kelas IVB SDN Tawangmas 01 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas 3 siklus, masing-masing siklus satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Tawangmas 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 28 kategori baik, siklus II skor 36 kategori sangat baik dan siklus III skor 41 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I skor 25,86 kategori baik, siklus II skor 31,22 kategori baik dan siklus III skor 35,91 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I 62,16% , siklus II menjadi 72,97%, dan meningkat pada siklus III menjadi 91,89%. Simpulan penelitian ini adalah model Student Teams Achievement Division dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Saran yang diberikan hendaknya diterapkan model model Student Teams Achievement Division dengan media audio visual karena dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, Student Teams Achievement Division, audio visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:16
Last Modified: 12 Jan 2016 11:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22858

Actions (login required)

View Item View Item